31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Unik dan Bikin Penasaran, Keripik Gedebog Pisang Ini Peminatnya Hingga Malaysia

BETANEWS.ID, PATI – Seorang pria terlihat sedang memotong-motong gedebog pisang di sebuah rumah Desa Tambaharjo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Setelah terkumpul cukup banyak, irisan itu kemudian direndam dalam sebuah wadah yang telah disiapkan. Ia adalah Pur Eko Utomo (37), pembuat keripik gedebog pisang yang sedang hits.

Usai menyelesaikan pekerjaannya, Eko sudi berbagi kisah soal bisnis yang baru dimulainya dua pekan lalu itu. Awalnya, ia terinspirasi dari viralnya keripik yang membuat banyak orang penasaran itu. Apalagi, pohon pisang di desanya cukup banyak dan selama ini dibiarkan terbengkalai dan membusuk setelah berbuah.

Proses pembuatan keripik gedebog pisang yang sedang hits. Foto: Khalim Mahfur.

“Gedebog pisang yang dipakai harus khusus, kita pakai dari pisang kepok, pisang pipit, dan pisang raja. Kalau selain itu jadinya pahit,” paparnya kepada Betanews.id, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Kerupuk Nasi Aneka Rasa dari Mumbul Food, Gurihnya Terasa dan Tanpa Pengawet

Cara pengolahannya, lanjut Eko, pertama gedebog pisang dikupas dan diiris tipis tipis bagian dalamnya. Setelah itu direndam menggunakan air selama minimal tiga jam, lalu ditiriskan. Setelah cukup kering, baru lah dibalur dengan tepung kering yang sudah diberi bumbu untuk kemudian digoreng.

“Kendalanya biasanya saat tidak ada bahan. Karena keripik ini harus pakai pohon pisang yang sudah berbuah yang kadar getah dan airnya sudah sedikit. Kalau tidak ada bahan terpaksa cari di luar dan kadang juga terpaksa beli,” ujarnya.

Pria yang juga bekerja di optik itu menambahkan, karena merupakan usaha sampingan, produksi ia percayakan kepada istri dan beberapa karyawannya. Dalam sekali produksi, ia bisa menghabiskan hingga lima gelondong gedebog pisang.

Meskipun baru saja memulai, Eko sudah mengirim keripik gedebog pisangnya ke mancanegara yaitu ke Malaysia. Selain itu juga di Kabupaten Pati serta ke kota-kota yang ada di Indonesia seperti Jakarta, Trenggalek, dan kota-kota lainnya.

Baca juga: Di Tangan Nurhayati, Labu Kuning Disulap Aneka Olahan Makanan Bernilai Ekonomi Tinggi

“Untuk harga jualnya kami jual Rp 10 ribu dengan berat 80 gram. Untuk per kilonya kita jualnya Rp 80 ribu,” jelasnya.

Selain enak dikonsumsi, ungkap Eko, gedebog pisang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Seperti mengontrol berat badan, mencegah anemia, mengatasi diabetes, menurunkan tekanan darah, serta mencegah kolesterol tinggi.

“Enak, renyah, dan khasiatnya untuk tubuh juga banyak,” pungkas Eko.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER