31 C
Kudus
Sabtu, Januari 23, 2021
Beranda Teknologi Permudah Laporan Dana...

Permudah Laporan Dana BOS, Kemenag Kudus Siapkan Aplikasi e-RKAM

BETANEWS.ID, KUDUS – Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan aplikasi e-RKAM (Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah) guna mempermudah laporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Aplikasi tersebut akan digunakan untuk laporan dana BOS tahun 2021 mendatang.

Menurut M Hafidz, Kasi Pendidikan Madrasah pada Kemenag Kudus, saat ini pihaknya sedang menyiapkan tim untuk melakukan sosialisasi aplikasi e-RKAM. Ia membeberkan, jika saat ini sudah disiapkan tim sebanyak empat orang yang sedang mendapat pelatihan. Nantinya, tim tersebut akan menyosialisasikan aplikasi e-RKAM kepada seluruh madrasah di Kudus.

“Ini bisa mempermudah pusat dalam memantau rencana penggunaan anggaran BOS nantinya. Karena tahun depan akan disalurkan langsung dari pusat ke rekening masing-masing madrasah. Jadi, ketika ada ketidaksesuaian penggunaan, madrasah bisa langsung ditegur oleh pusat,” jelasnya, Jumat (4/12/2020).

Ia juga menambahkan, jika tahun 2021 dana BOS yang bersumber dari APBN itu tak lagi disalurkan melalui Kantor Kemenag di masing-masing wilayah. Meski lembaga pendidikan formal di bawah Kemenag, tetapi akan dikirim langsung ke rekening masing-masing madrasah. Sedangkan untuk mekanisme pengajuan dana tersebut masih sama, melalui Kemenag Kudus.

Baca juga : Dana BOS Dibolehkan untuk Biaya Pembelian Kuota Internet

“Kalau dulu pencairanya melalui kami dulu baru ditransfer ke rekening madrasah. Tahun depan dari pusat langsung ke rekening sekolahan. Waktu rapat di kanwil bulan Oktober lalu ada informasi seperti itu,” katanya.

Untuk besaran nominal tidak ada perubahan di tahun 2021. Bagi madrasah ibtidaiyah (MI) sebesar Rp 900 ribu per siswa, madrasah tsanawiyah (MTs) sebesar Rp 1,1 juta dan madrasah aliyah (MA) sebesar Rp 1,5 juta. Sementara untuk Raudhatul Athfal (RA) mendapat BOP (bantuan operasional pendidikan) sebesar Rp 600 ribu per siswa.

“Masih sama seperti tahun 2020. Nominal itu disalurkan dalam jangka satu tahun, tapi biasanya dicairkan dua kali atau per semester,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler