31 C
Kudus
Sabtu, Januari 23, 2021
Beranda UMKM Banyak Waktu Luang...

Banyak Waktu Luang saat Pandemi, Iwan Bikin Aneka Kerajinan dari Limbah Kayu Jati Belanda

BETANEWS.ID, KUDUS – Suara raungan gergaji mesin terdengar di sebuah garasi rumah di RT 02 RW 05 Dukuh Ganir, Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Di ruangan tersebut, terlihat seorang pria lengkap mengenakan perlengkapan kerja sedang memotong kayu balok Jati Belanda. Pria tersebut yakni Iwan Pring Kuning (40) pemilik dari Kreasi Kayu.

Seusai menyelesaikan pekerjaannya, pria yang akrab disapa Iwan itu sudi berbagi kisah tentang usahanya. Dia mengatakan, usaha kerajinan dari limbah kayu Jati Belanda dirintisnya sejak enam bulan yang lalu. Usaha yang diberi nama Kreasi Kayu tersebut, merupakan usaha sampingan. Dia mengaku, usaha utamanya adalah layanan jasa servise komputer dan laptop.

Iwan sedang membuat kerajinan pot bunga dari limbah kayu Jati Belanda. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : Di Tangan Hardi, Limbah Kayu jadi Karya Seni Bernilai Jual Tinggi

“Ini usaha sampingan. Usaha utama saya itu di bidang jasa, yakni servis komputer dan laptop,” ujar Iwan kepada Betanews.id, Senin (28/12/2020).

Pria yang sudah dikaruniai dua anak itu menuturkan, sebenarnya membuat aneka kerajinan dari kayu adalah hobi lamanya. Namun, karena kesibukannya mengurus usaha utama, hobi tersebut cukup lama ditinggalkannya. Tapi sejak ada pandemi, hobi yang sudah lama mati suri itu ia bangkitkan lagi. Sebab dia punya banyak waktu luang pada pagi hari.

Lebih lanjut kata dia, pelanggan servis komputer dan laptopnya itu kebanyakan dari sekolah, instansi pemerintahan, juga perkantoran. Biasanya pada pagi hari itu ia berkeliling ke lokasi – lokasi tersebut untuk menservis perangkat komputer dan laptop para pelanggannya. Namun, sejak ada pandemi sekolahan diliburkan, sedangkan yang lainnya ada pembatasan kegiatan.

“Karena itulah, setiap pagi saya punya banyak waktu luang. Dari pada saya tidak ada kegiatan, saya pun menggali lagi hobi saya. Saya keluarkan semua alat pertukangan untuk berkreasi,” ujar Iwan yang mengaku selama ini usaha jasa servis komputer dan laptopnya tetap jalan, dan ia kerjakan pada siang hari mulai pukul 13.00 WIB.

Dia mengatakan, kayu limbah Jati Belanda tersebut ia kreasikan berbagai kerajinan yang memiliki nilai jual. Ada yang disulapnya jadi jam dinding yang dijual mulai harga Rp 90 ribu, gantungan sepeda yang dibanderol mulai Rp 250 ribu. Hiasan dinding harganya mulai Rp 100 ribu. Serta pot kaktus terbuat dari limbah kayu balok Jati Belanda.

“Untuk pot kaktus, harganya Rp 15 ribu. Harga tersebut untuk pembelian grosir, dengan minimal pembelian satu lusin. Saya juga menerima pesanan pembuatan rak bunga dari kayu Jati Belanda,” ujarnya.

Baca juga : Di Tangan Ranu, Bonggol Jagung Disulap jadi Kerajinan yang Unik dan Menarik

Selama ini, aneka produk kerajinannya itu dipasarkan lewat media daring yakni Facebook dengan nama Kreasi Kayu. Menurutnya, pelanggannya sudah lumayan banyak. Selain orang Kudus, juga ada yang dari Demak dan beberapa di Semarang. Untuk usaha sampingan kata dia, hasilnya juga sudah lumayan.

“Untuk usaha sampingan, usahaku ini hasilnya lumayan. Hanya modal limbah kayu bisa untuk menambah penghasilan untuk penuhi kebutuhan keluarga. Apalagi di masa pandemi, jadi sangat membantu. Harapan saya semoga akan banyak orang yang menggali lagi hobinya,” harap Iwan.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler