31 C
Kudus
Selasa, Januari 26, 2021
Beranda Wisata Launching Wisata Baru...

Launching Wisata Baru di Japan, Bergas: ‘Pengelola Wisata di Kudus Harus Saling Bersinergi’

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejumlah orang tampak naik panggung di acara Launching Wisata Agro Kopi dan Jembangan Coffe and Resto di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kudus. Satu di antara mereka yakni Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo. Usai mengikuti acara tersebut, ia berbagi penjelasan terkait potensi wisata di Desa Japan. Pihaknya akan sangat mendukung dengan adanya objek wisata baru di sana.

Dengan adanya wisata tersebut, nanti akan bisa menghadirkan sektor-sektor usaha baru di sekitarnya. Dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus terus mendorong setiap desa untuk melakukan pengembangan objek wisata baru dengan memanfaatkan potensi daerah.

HM Hartopo, Plt Bupati Kudus menyerahkan SK kepada perwakilan desa wisata di Kudus. Foto: Ahmad Rosyidi

Baca juga : Terbaru! Wisata River Tubing di Cengkir Manis yang Siap Pacu Adrenalinmu

“Wisata agro kopi ini membuktikan bisa memajukan ekonomi kreatif. Memberdayakan remaja-remaja desa atau pokdarwis turut mengelola. Terutama di bidang sumber daya alam untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar,” katanya, Sabtu (21/11/2021).

Hartopo juga ngungkapkan, dengan tumbuhnya objek wisata baru di Kabupaten Kudus, roda perekonomian masyarakat sekitar juga akan meningkat dan bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Menurutnya, income terbesar dari suatu daerah terletak pada sektor pariwisatanya. Untuk itu, dirinya berharap akan muncul sektor pariwisata-pariwisata lain agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Desa wisata ini adalah merupakan perwujudan, bahwa di Colo dan sektiranya tidak hanya dikenal wisata religi saja. Generasi muda juga sangat potensial untuk dibekali kemampuan mengelola sektor-sektor usaha yang terkait dengan potensi daerah. Sehingga bisa untuk meningkatkan pendapatan asli desa,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan mengatakan, selain dikenal dengan kawasan industri, Kudus juga dikenal memiliki potensi wisata yang begitu menakjubkan. Berbagai wisata baru terus bermunculan dan diharapkan akan menambah ikon baru di Kudus.

“Potensi wisata lereng Muria ini tidak hanya terpusat pada wisata religi saja, namun kita kenalkan juga tambahan wisata lainya. Dengan adanya Wisata Agro Kopi dan Jembangan Coffe and Resto ini dapat mendukung kesejahteraan masyarakat nantinya,” jelas pria yang akrab disapa Bergas itu.

Baca juga : Mountain Lake Resto, Paket Komplet Wisata Keluarga yang Nggak Bikin Kantong Jebol

Ia juga berharap tempat wisata di sana bisa saling bersinergi dan saling mempromosikan. Melihat potensi yang berbeda-beda, nantinya bisa saling melengkapi.

“Dengan diserahkannya 15 SK untuk desa wisata ini, kami berharap akan mendorong desa lainnya juga dapat membaca potensi yang ada. Sehingga bisa membuka tempat wisata baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler