31 C
Kudus
Selasa, Januari 26, 2021
Beranda Wisata Istana Candi, Satu-Satunya...

Istana Candi, Satu-Satunya Kolam Renang di Kudus yang Pisahkan Pria dan Wanita

BETANEWS.ID, KUDUS – Di tepi utara sebuah jalan Gang Nanas Desa Singocandi, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus, tampak sebuah bangunan dengan pelataran yang lumayan luas. Beberapa orang pria dan wanita terlihat membayar tiket di kasir. Setelah menrima tiket, mereka pun masuk ke area yang berbeda dan lewat pintu yang berbeda pula. Tempat tersebut yakni kolam renang Istana Candi.

Seusai melayani pendaftaran para pengunjung, kasir Istana Candi yakni Feni Dwi Agustin sudi berbagi penjelasan kepada betanews.id. Dia mengatakan, Istana Candi berdiri dan buka sejak 2017.  Menurutnya, tempatnya itu merupakan satu-satunya kolam renang di Kudus yang memisahkan kolam pria dan wanita.

Seorang pria sedang menemani anak-anaknya berenang di Istana candi. Foto: Rabu Sipan.

“Keunggulan fasilitas kolam renang di Istana Candi itu, pria dan wanita ada kolam renangnya masing-masing, tidak boleh campur. Antara kolam pria dan wanita pun disekat tembok tinggi. Jadi pengunjung pria maupun wanita tidak bisa melongok ke kolam renang yang bukan peruntukannya,” ujar Feni, Sabtu (21/11/2020).

Baca juga: Waterpark Mulia Wisata, Tempat Main Basah-Basahan yang Asyik di Kudus

Perempuan yang sudah bekerja selama umur Istana Candi itu mengatakan, ada cerita unik bosnya membuat kolam renang terpisah antara pria dan wanita. Dulu, tuturnya, bosnya itu pernah mengajak putrinya untuk berenang di salah satu kolam renang di Kudus.  Sesampai di lokasi, sang putri malah tidak mau masuk kolam dan berenang, sebab tidak mau berenang satu kolam dengan pria (tidak muhrim).

“Berawal dari situ, bos saya kemudian dapat ide untuk mendirikan usaha kolam renang bernama Istana Candi. Tempat berenang terpisah antara pria dan wanita,” terang warga Desa Jepang Pakis, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus itu.

Istana Candi, lanjutnya, mempunyai empat kolam. Dua kolam untuk pria, anak-anak dan dewasa, dengan kedalaman 130 sentimeter sampai 175 sentimeter untuk dewasa dan 75 sentimeter untuk anak-anak. Sedangkan kolam perempuan dewasa punya kedalaman 120 sentimeter sampai 150 sentimeter dan 60 sentimeter untuk anak-anak.

“Untuk harga tiket masuk sangat terjangkau yakni Rp 25 ribu untuk dewasa dan Rp 20 ribu untuk anak-anak. Saat ini, Istana candi juga lagi ada promo menjelang ulang tahun ketiga. Jadi harga tiket masuk hanya Rp 20 ribu untuk segala usia sampai Maret 2021,” jelasnya.

Baca juga: Segarnya Mandi Air di Wisata Kali Bening Jepara yang Selalu Ramai Pengunjung

Perempuan lajang itu menambahkan, kolam renang Istana Candi juga menyewakan peralatan renang. Antara lain pelampung, kaca mata, serta baju renang. Menurutnya, pengunjung kolam renang Istana Candi lumayan banyak. Pas ramai itu bisa sampai 80 pengunjung sehari. Kalau sepi masih ada sekitar 25 orang pengunjung sehari.

“Kolam renang Istana Candi juga sering digunakan les berenang dan terapi kesehatan. Pengunjung yang datang tidak hanya orang Kudus saja, tapi meliputi Jepara, Pati, hingga Rembang,” ungkapnya.

Dia mengatakan, Istana Candi juga dilengkapi restoran, kafe dan hall. Sehingga para pengunjung yang selesai berenang terus merasakan lapar, bisa langsung memesan makanan di restoran Istana Candi. Menunya banyak pilihan.

“Semoga Istana Candi makin ramai pengunjung dan bisa makin maju dan berkembang,” tutup Feni.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler