31 C
Kudus
Minggu, Januari 23, 2022
spot_img
BerandaPendidikanE-Learning Sunan Fasilitasi...

E-Learning Sunan Fasilitasi Mahasiswa UMK Kuliah Daring, Dikembangkan Sejak 10 Tahun lalu

BETANEWS.ID, KUDUS – Universitas Muria Kudus (UMK) sudah mematangkan sistem pembelajaran secara daring. Sistem e-learning tersebut ternyata sudah jauh hari disiapkan UMK sebelum adanya Pandemi Covid-19.

Wakil Ketua Tim Promosi UMK Periode 2020-2021 Masruki Kabib menuturkan, sistem pembelajaran e-learning sudah mulai digunakan belajar mahasiswa UMK sejak tahun 2010. Menurutnya, sistem tersebut memiliki kapasitas server dan bandwidth yang besar.

“Kami namakan e-learning Sunan. Kepanjangannya Sinau Temenanan,” tuturnya saat ditemui di UMK, Senin (5/10/2020).

Rektor UMK Suparnyo saat menjelaskan sistem e-learning Sunan. Foto: Imam Arwindra.
- Ads Banner -

Menurutnya, dengan sudah adanya Sunan sejak 2010, konsep pendidikan pembelajaran daring di UMK diklaimnya sudah matang. Pihaknya juga sudah siap jauh-jauh hari jika pandemi ini proses pembelajarannya lebih banyak secara daring.

“Kalau dulu sebelum pandemi porsi pembelajaran tatap muka sekitar 75 persen. Namun saat ini 70 persen tatap maya, dan 30 persen tatap muka,” jelasnya.

Baca juga: UMK Siapkan Dana Sekitar Rp 5 Miliar untuk Bantu UKT Mahasiswa

Selain kapasitas server dan bandwidth yang besar, kelebihan dari Sunan, kata Kabib, yakni Sunan menjadi pusat dari pembelajaran di UMK. Setiap dosen secara sistemik telah memiliki jadwal yang sudah diatur oleh Sunan. Selanjutnya, Sunan juga menyimpan beberapa modul pembelajaran yang sudah disiapkan oleh dosen.

“Jadi data pembelajaran berupa (PPT) Power Point, PDF, dan media animasi, bisa diakses oleh mahasiswa,” tuturnya.

Selain itu, Sunan juga terkoneksi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Zoom. Menurutnya, pihaknya sudah menyiapkan semua kemudahan untuk belajar daring bagi mahasiswa.

“Selain Sunan kita juga ada e-library sejak 2012. Jadi aplikasi tersebut terkoneksi dengan e-book dan e-journal yang bisa diakses secara gratis,” jelasnya.

Baca juga: Sempatik, Sempoa untuk Anak Berkebutuhan Khusus Buatan Mahasiswa UMK

Sementara itu, Rektor UMK Suparnyo menuturkan, dengan adanya sistem e-learning Sunan, mahasiswa bisa fleksibel dalam belajar. Menurutnya, semua modul pembelajaran sudah tersedia di Sunan.

“Mahasiwa bisa belajar kapan pun dan di mana pun. Materi juga bisa diulang-ulang,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 11 ribu lebih mahasiswa yang mengakses Sunan. Dengan banyaknya mahasiswa yang memanfaatkan Sunan, pihaknya sudah mengantisipasi dengan server yang besar.

“Kalau jumlah mahasiswa keseluruhan ada 11 ribu lebih. Tahun ini mahasiswa baru ada 2.900an, itu sudah termasuk S2 (stata dua). Jumlah prodinya keseluruhan ada 18 prodi,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 12 - Banjir Abadi di Wilayah Bekas Selat Muria (Kudus dan Pati)

Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,340PengikutMengikuti
75,048PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler