31 C
Kudus
Minggu, Januari 23, 2022
spot_img
BerandaKUDUSUMK Siapkan Dana...

UMK Siapkan Dana Sekitar Rp 5 Miliar untuk Bantu UKT Mahasiswa

BETANEWS.ID, KUDUS – Universitas Muria Kudus (UMK) menyiapkan dana sekitar Rp 5 miliar untuk membantu meringankan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswanya. Bahkan, 100 mahasiswanya akan digratiskan bagi yang benar-benar terdampak pandemi Covid-19.

Rektor UMK Suparnyo menuturkan, pemerintah telah memberikan subsidi kepada 100 mahasiswa yang terdampak Covid-19. Besaran nilai uang setiap orangnya yakni Rp 2,4 juta di semester ganjil ini.

Dia menjelaskan, jika subsidi dari pemerintah sebesar Rp 2,4 juta kurang, nantinya, sisanya akan ditanggung oleh UMK.

- Ads Banner -

Baca juga : Wisuda Drive Thru ala UMK, Ada yang Pakai Sepeda Balap

“Misal mahasiswa UKT semester ganjil membayar Rp 6 juta, nanti akan mendapatkan subsidi dari pemerintah Rp 2,4 juta. Sisanya Rp 3,6 juta akan ditanggung yayasan. Namun itu hanya untuk 100 mahasiswa yang memenuhi syarat,” jelasnya saat ditemui selepas kegiatan wisuda drive thru di UMK, Sabtu (18/7/2020).

Dia melanjutkan, syarat yang diberikan yakni mahasiswa tidak bisa membayar sama sekali karena pandemi. Selanjutnya, orang tua terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penghasilan orang tua menurun signifikan karena pandemi.

“Ada juga gaji orang tua di bawah Rp 4 juta. Nanti, setelah mereka mengajukan dengan sesuai syarat, kami akan cek kebenarannya ke lapangan. Jangan sampai salah sasaran,” tuturnya.

Suparnyo merinci, 100 mahasiswa yang akan dibebaskan UKTnya terdiri dari semester tiga 20 orang, semester lima 30 orang dan semester tujuh 50 orang. Sementara untuk mahasiswa lainnya juga akan mendapatkan keringanan sebesar Rp 300 ribu.

Dia menuturkan, keringanan sebesar Rp 300 ribu akan diberikan ke seluruh mahasiswa semester ganjil tahun ini. Secara teknis, pemberian subsidi tersebut akan dipotongkan di pembayaran her-registrasi semester ini sekitar bulan September.

Baca juga : Wisuda Oktober Mendatang, Diperkirakan UMK Masih Gunakan Sistem Drive Thru

“Untuk yang tahun ini semester tiga, lima dan tujuh akan mendapatkan keringanan Rp 500 ribu. Karena keringanan UKT semester kemarin (Rp 200 ribu) akan dijadikan satu di semester ganjil ini. Sedangkan semester satu hanya Rp 300 ribu,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya keringan UKT ini dapat membantu meringankan beban orang tua.

“Harapannya bisa membantu beban orang tua, terutama yang terdampak Covid-19,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 12 - Banjir Abadi di Wilayah Bekas Selat Muria (Kudus dan Pati)

Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,340PengikutMengikuti
75,048PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler