31 C
Kudus
Senin, Januari 18, 2021
Beranda Wisata Walking Tour, Wisata...

Walking Tour, Wisata Unik nan Menyenangkan Ala Lelana Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Omah Batikku di Desa Langgardalem, Kecamatan Kota Kudus, terlihat cukup ramai, Minggu (12/8/2020) pagi itu. Beberapa orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan tampak beramai-ramai memasuki salah satu rumah produksi batik tersebut. Rupanya mereka adalah peserta dari agenda Kudus Walking Tour yang diadakan oleh Komunitas Lelana Kudus bersama dengan Pojok Kliping dan Kudus Explore.

Pengurus Lelana Kudus Rahmat Hidayatullah (32) mengatakan, kegiatan walking tour ini merupakan kegiatan rutin Lelana Kudus yang sudah terlaksana enam kali. Ini merupakan kegiatan utama komunitas tersebut yang merupakan salah satu grup jalan-jalan untuk mengeksplor Kudus dari sisi lain.

Beberapa anggota Komunitas Lelana Kudus sedang belajar batik di Omah Batikku. Foto: Titis Widjayanti.

“Konsepnya melalui jalan-jalan itu, kami mengajak seluruh peserta untuk mengunjungi spot-spot menarik yang biasa dishare di media sosial. Sekaligus mendalami dan mempelajarinya, karena seluruh peserta bisa bertanya dan melihat langsung lokasi. Mengenai sejarah, proses dan lainnya,” papar lelaki asal Solo itu.

Baca juga: Mengenal Kudus Lebih Dekat Lewat Museum Jenang

Perintisan Lelana dikatakan Dayat tak lama setelah ia mulai menetap di Kudus, yakni sejak Oktober 2019. Sedangkan kegiatan pertamanya dimulai sejak November 2019. Sejak itu, mereka mulai melakukan perekrutan peserta dengan jumlah terbatas sekali jalannya. Destinasi dan rute biasanya ditentukan oleh dirinya serta permintaan dari peserta.

“Ini sudah yang keenam. Pertama kali diadakan November 2019. Kalau rutenya yang ketiga. Karena untuk rute dan destinasi biasanya peserta yang request untuk mengulang. Jadi sejauh ini ada tiga rute yang kami kunjungi,” papar dia.

Dalam pelaksanaannya, Dayat menggandeng beberapa komunitas dan pihak lain, seperti Kudus Explore dan Pojok Kliping, serta di dukung oleh Omah Batikku dan Kopi Pojok.

Baca juga: Menikmati Wisata Waduk Logung dengan Perahu

Sesuai dengan namanya, Walking Tour dilakukan dengan cara berjalan kaki dari satu objek destinasi ke objek lain. Oleh karena itu, biasanya destinasi yang dipilih tidak terlalu jauh jaraknya. Sehingga tidak mainstream dan lebih menyenangkan. Keunikan lain adalah di penghujung tour, peserta dipersilakan untuk memberikan donasi seikhlasnya.

“Tidak ada patokan pembayaran di Walking Tour ini, kami menerapkan donasi seikhlasnya di akhir tour. Terserah peserta mau memberikan berapa,” pungkas dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
26,722PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler