31 C
Kudus
Selasa, September 29, 2020
Beranda Business Tekuni Bisnis Kerai...

Tekuni Bisnis Kerai Bambu, Ngusman Tak Mau Bebani Anak Setelah Pensiun

BETANEWS.ID, KUDUS – Di tepi Jalan Suryo Kusumo Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, tampak seorang pria paruh baya sedang sibuk di teras rumah. Terlihat dirinya sedang mengumpulkan ratusan bilah bambu kecil-kecil yang sudah dirapikan. Bilah bambu itu kemudian dirangkai menggunakan tali nilon, sehingga berbentuk kerai. Pria tersebut adalah Ngusman (61), pengrajin kerai bambu.

Di sela aktifitasnya tersebut, Ngusman pun sudi berbagi kisah tentang aktifitasnya. Dia mengatakan, mulai menekuni kerajinan bambu sejak lima tahun yang lalu. Sebelumnya, ia bekerja di pabrik kertas di Kudus selama puluhan tahun.

Ngusman sedang menyelesaikan pembuatan kerai bambu di teras rumahnya. Foto: Rabu Sipan

“Saya sebenarnya di tahun 1980 saat masih remaja pernah ikut bikin kerajinan dari bambu. Namun setahun berselang kerja di pabrik, dan membuat kerajinan dari bambu itu saya tinggalkan dulu,” ujar Ngusman kepada Betanews.id, Kamis (10/9/2020).

Baca juga: Terkenal Berkualitas dan Murah, Furnitur Bambu Mbak Sol Tembus Pasar Ekspor

Setelah pensiun dari pekerjaannya pada 2015, daripada menganggur dia pun pernah mencoba bekerja jadi tukang bangunan hingga tukang ojek Menara. Namun, dia mengaku tidak kuat dan tidak kerasan.

“Karena tidak kerasan bekerja itu, saya kemudian memutuskan untuk bikin kerajinan bambu. Satu di antaranya kerai,” ungkapnya.

Dia membuat kerai bambu dengan berbagai jenis. Ukuran 2 X 2 meter harganya Rp 170 ribu, 2 X 1,5 meter Rp 120 ribu, 1 X 2,5 meter Rp 125 ribu, dan 90 sentimeter X 2,5 meter Rp 110 ribu.

“Yang saya bikin rutin itu ukuran 2 X 2 meter dan 1,5 X 2 meter. Sebab kerai ukuran tersebut terkadang dibeli bakul. Kalau di luar ukuran tersebut biasanya pesanan,” ungkapnya.

Baca juga: Mbah Parwan Kewalahan Penuhi Orderan Layangan, Setiap Buat Langsung Habis

Lebih lanjut, untuk membikin kerai bambu itu tergantung ukuran yang dibikinnya. Ukuran paling lebar paling sehari dapat satu lembar. Namun, kalau ukuran yang paling kecil, ia bisa dapat dua lembar sehari.

“Yang lama itu motong bambu, belah bambu, serta merapikannya. Sebab untuk pembuatan satu kerai, bisa menghabiskan dua sampai enam batang bambu ukuran lima meter,” jelasnya.

Empat tahun membuat kerajinan kerai bambu, ia mengaku sudah punya banyak pelanggan. Selain orang Kudus atau para bakul setempat, terkadang juga ada pesanan dari Jepara. Selain bikin kerai, ia juga buat kandang ayam dengan berbagai ukuran.

“Setidaknya dengan bikin kerajinan kerai saya punya kesibukan di hari tua. Tidak mengikat kerjanya santai, tapi hasilnya juga lumayan,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

26,044FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,293PengikutMengikuti
19,146PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Ribuan Kue Bolang-Baling Nyah Kobong Terjual Setiap Hari, Benar-Benar Legendaris

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa orang terlihat antre di samping etalase yang ada di rumah tepi Jalan Johar, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Di...

Hanya dengan Rp 56 Ribu Sudah Bisa Nabung Emas di Pegadaian, Ini Caranya

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah emas batangan tampak di etalase yang berada di Kantor Pegadaian Kudus. Dua orang pria di sana terlihat sedang...

Tak Patah Semangat Berkali-kali Bangkrut, Ardi Temukan Kesuksesan di Resto Ulam Sari

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa mobil dan motor tampak terjajar di area parkir restoran di tepi utara Jalan Museum Kretek, Desa Getas Pejaten,...

Terbaru! Wisata River Tubing di Cengkir Manis yang Siap Pacu Adrenalinmu

BETANEWS.ID, KUDUS - Puluhan orang tampak mengunjungi Wisata Cengkir Manis, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Mereka terlihat memanfaatkan fasilitas yang ada...

Ganjar Sepakat Kasus Dangdutan di Kota Tegal Diproses Pidana

BETANEWS.ID, SEMARANG – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta Polri untuk memproses penyelenggara konser dangdut di...

Antisipasi Klaster Perkantoran, Hartopo: ‘Seluruh Pegawai Kantor Sekda WFH Seminggu’

BETANEWS.ID, KUDUS - Satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN) meninggal dan enam orang lainnya terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (24/9/2020). Ketujuh orang...

Beli Piaggio atau Vespa di Kharisma Kudus Bulan Ini Langsung Dapat Voucher Jutaan Rupiah

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah motor matic bertuliskan Vespa dengan varian cat warna-warni terlihat di Diler Kharisma Kudus, Jalan Ahmad Yani No 126,...