31 C
Kudus
Sabtu, Juli 4, 2020
Beranda Business Sebulan Jelang Idul...

Sebulan Jelang Idul Adha, Pirman Mulai Kebanjiran Pesanan Kambing

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria tampak memberi makan dua kambing yang terikat di lahan yang berada di Dukuh Klotok, Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Di depannya, beberapa kambing terlihat menempati kandang yang diatur saling berhadapan. Pria tersebut yakni Awik Supirman (50), penjual kambing yang kebanjiran pesanan menjelang Hari Raya Idul Adha.

Seusai memberi makan hewan dagangannya, dia pun sudi berbagi penjelasan tentang usahanya itu. Dia mengatakan, menjelang Hari Raya Kurban, permintaan kambing di tempatnya meningkat. Menurutnya, saat ini saja sudah ada puluhan pesanan yang masuk.

Awik Supirman sedang memberi makan kambing yang dijualnya menjelang Hari Raya Idul Adha, Senin (29/6/2020). Foto: Rabu Sipan.

“Sekarang saja sudah ada 40 yang pesan kambing sama saya. Kalau yang sudah lunas sekitar 15 orang. Biasanya sepekan menjelang Hari Raya Kurban pesanan bisa sampai ratusan ekor kambing,” ujar pria yang akrab disapa Pirman kepada Betanews.id, Senin (29/6/2020).

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat

Pria yang tinggal tidak jauh dari kandangnya itu menyediakan aneka jenis kambing. Di antaranya kambing jawa randu yang dijual antara Rp 2 juta sampai Rp 3,5 juta per ekor. Jenis etawa dibanderol antara Rp 2,5 juta hingga Rp 4 juta, dan kambing jenis madras dilepas mulai Rp 2,5 juta sampai Rp 3,5 juta.

“Dari ketiga jenis kambing itu yang paling laris dan dipesan itu yang jenis kambing jawa randu,” jelasnya.

Pria yang sudah dikaruniai tiga orang anak itu mengatakan, para pemesan itu memilih jauh hari memesan untuk menghindari lonjakan harga kambing. Sebab, para pemesan itu akan tetap mendapatkan kambing yang besarnya sesuai pesanan tanpa terpengaruh kenaikan harga.

“Pemesan juga gratis biaya perawatan dan pengiriman. Bahkan, seandainya pemesan itu ingin beli dua ekor kambing, yang saya bawa ke rumahnya itu lima ekor dengan besar yang sama. Ya, agar pemesan bisa milih dan tentu puas dengan pelayanan kami,” beber Pirman.

Baca juga: Bisa Titip dan Siap Antar, Masri Punya Pelanggan Hewan Kurban dari Berbagai Daerah

Dalam menjalankan usaha jualan kambing, dia memang mengandalkan kepercayaan. Selain butuh kepercayaan pelanggan, dia juga percaya sama para pembelinya. Sebab selama ini banyak dari mereka tidak membayar kambingnya secara tunai dan memilih secara tempo.

“Intinya saling percaya saja. Sebab selain ingin mendapatkan hasil, saya juga berharap berkah. Karena setiap usaha apa pun kalau tidak berkah tidak akan jadi rezeki,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

24,655FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
12,711PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Dibuka Kembali, Wisata Ternadi yang Suguhkan Indahnya Alam Muria Ramai Pengunjung

BETANEWS.ID, KUDUS – Keindahan lereng Penggunungan Muria langsung menyergap indra penglihatan saat tiba di Destinasi Wisata Ternadi, Sabtu (27/6/2020). Cuaca yang cerah...

Industri Furniture di Semarang Ini jadi Langganan Artis Hollywood

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba-tiba menghentikan sepedanya ketika melintas di depan bangunan tua bergaya Eropa di Jalan Raya...

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Kelas 3 Dapat Subsidi Rp 16.500

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang yang hendak masuk ke kantor BPJS Kesehatan Kudus tampak diarahkan untuk cek suhu badan dan cuci tangan...

Segar di Mulut Aman di Perut, Es Mie Telur Jelly di Kedai Azzam Diburu Pembeli

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Tambak Lulang, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus tampak bangunan bercat merah jambu. Di dalam bangunan terlihat...

Satu Pegawai Positif Covid-19, Kampus UMK Diliburkan Sepekan

BETANEWS.ID, KUDUS - Universitas Muria Kudus (UMK) akan meliburkan sementara aktivitas di kampus menyusul adanya satu pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mantan Anggota DPRD Kudus Meninggal di Depan ATM

BETANEWS.ID, KUDUS - Mantan Anggota DPRD Kabupaten Kudus , Ngatmin Ali Manda meninggal mendadak di depan ATM BNI dekat Kantor Perusahaan Daerah...

Sempat Stop Setahun, Pedangdut Ayu Vaganza Kembali Konsumsi Narkoba Karena Sepi Job

BETANEWS.ID, KUDUS - Pedangdut Ayu Vaganza (23) ditangkap Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Kudus, Selasa (30/6/2020). Perempuan yang memiliki nama asli...