31 C
Kudus
Sabtu, Juli 4, 2020
Beranda Business Bisa Titip dan...

Bisa Titip dan Siap Antar, Masri Punya Pelanggan Hewan Kurban dari Berbagai Daerah

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa pria paruh baya tampak memandikan puluhan kerbau di tepi utara jalan gang lima Dukuh Conge, Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Salah satu pria itu adalah Masri Munajat (73), penjual kerbau untuk ibadah kurban.

Kesibukannya membersihkan badan kerbau itu seketika terjeda saat ada dua orang pelanggan yang datang. Setelah meletakkan alat-alat, Masri bergegas menemui pembeli hewan kurban itu. Meski Hari Raya Idul Adha masih sebulan lagi, kandang kerbau miliknya itu sudah mulai didatangi pembeli.

Pembeli hewan kurban di tempat Masri sedang memilih kerbau yang hendak dibeli, Rabu (24/6/2020). Foto: Rabu Sipan.

Masri mengatakan, sebulan sebelum Hari Raya Idul Adha, dia selalu menyediakan hewan kurban yang bisa dipilih jauh-jauh hari.

“Saya bakul kerbau itu sejak 1976, dan sebulan menjelang lebaran Idul Adha saya menyediakan lebih banyak kerbau bagi mereka yang ingin beribadah kurban,” ujar Masri kepada Betanews.id, Rabu (24/6/2020).

Baca juga: Stok Hewan Kurban di Kudus Aman, Dinas Pertanian Intens Turun ke Lapangan

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini dia hanya menyediakan 50 kerbau, lantaran khawatir minat masyarakat untuk berkorban menurun setelah ada pandemi Covid-19. Sebelumnya, dia bisa menyiapkan 100 ekor.

“Khawatirnya, menyediakan banyak kerbau tapi pembelinya turun drastis, kan bikin repot. Sebab itulah saat ini saya baru menyediakan 50 ekor kerbau,” ungkap Masri sembari memberi makan kerbaunya.

50 ekor kerbau itu, lanjutnya, sebagian sudah ada yang terjual. Untuk harganya, ia mengaku mematok mulai Rp 18 juta hingga Rp 30 juta per ekor. Harga tergantung besar dan kecilnya kerbau.

Selama puluhan tahun menyediakan kerbau untuk korban, pelanggannya kini sudah banyak. Mereka bukan hanya orang Kudus saja, tapi juga datang dari Jepara, Demak, Pati, Purwodadi, hingga Blora. Biasanya, pelanggan itu para pengurus masjid, pengurus pondok pesantren, yayasan sekolah, perusahaan, dan perorangan.

“Biasanya kalau pembeli dari pengurus masjid, yayasan, pengurus ponpes, dan perusahaan itu belinya lebih dari satu. Alasan mereka memilih kerbau di tempat saya, karena pembeli bisa menitipkan kerbau di tempat saya lebih dulu tanpa ada biaya tambahan,” ungkap Masri.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat

Salah satu pelanggan, Ansori menuturkan, sudah enam tahun berturut-turut setiap ada ibadah kurban selalu beli kerbau di tempatnya Masri. Menurutnya, selain kerbaunya banyak, kerbau yang sudah dibeli juga bisa dititipkan terlebih dahulu sampai hari penyembelihan.

“Jadi lebih ekonomis, kerbau yang kami beli dititipkan dan dirawat oleh Haji Masri sampai hari penyembelihan. Nanti juga diantar sampai tujuan, gratis tanpa ada biaya tambahan,” tandas Ansori yang juga pengurus sebuah masjid itu.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

24,655FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
12,711PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Dibuka Kembali, Wisata Ternadi yang Suguhkan Indahnya Alam Muria Ramai Pengunjung

BETANEWS.ID, KUDUS – Keindahan lereng Penggunungan Muria langsung menyergap indra penglihatan saat tiba di Destinasi Wisata Ternadi, Sabtu (27/6/2020). Cuaca yang cerah...

Industri Furniture di Semarang Ini jadi Langganan Artis Hollywood

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba-tiba menghentikan sepedanya ketika melintas di depan bangunan tua bergaya Eropa di Jalan Raya...

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Kelas 3 Dapat Subsidi Rp 16.500

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang yang hendak masuk ke kantor BPJS Kesehatan Kudus tampak diarahkan untuk cek suhu badan dan cuci tangan...

Segar di Mulut Aman di Perut, Es Mie Telur Jelly di Kedai Azzam Diburu Pembeli

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Tambak Lulang, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus tampak bangunan bercat merah jambu. Di dalam bangunan terlihat...

Satu Pegawai Positif Covid-19, Kampus UMK Diliburkan Sepekan

BETANEWS.ID, KUDUS - Universitas Muria Kudus (UMK) akan meliburkan sementara aktivitas di kampus menyusul adanya satu pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mantan Anggota DPRD Kudus Meninggal di Depan ATM

BETANEWS.ID, KUDUS - Mantan Anggota DPRD Kabupaten Kudus , Ngatmin Ali Manda meninggal mendadak di depan ATM BNI dekat Kantor Perusahaan Daerah...

Sempat Stop Setahun, Pedangdut Ayu Vaganza Kembali Konsumsi Narkoba Karena Sepi Job

BETANEWS.ID, KUDUS - Pedangdut Ayu Vaganza (23) ditangkap Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Kudus, Selasa (30/6/2020). Perempuan yang memiliki nama asli...