31 C
Kudus
Sabtu, Juli 4, 2020
Beranda Kudus Izin Resepsi Pernikahan...

Izin Resepsi Pernikahan saat New Normal Cukup ke Kades

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus memperbolehkan acara pesta dan hajatan dilakukan di masa persiapan new normal atau tatanan normal baru. Namun, dalam pelaksanaan tersebut, penyelenggara acara tetap harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus Wahyu Haryanti mengungkapkan, pihaknya memperbolehkan acara pesta, seperti resepsi pernikahan dilakukan. Pihaknya juga mempermudah izin dalam kegiatan tersebut.

“Jadi izinnya tidak perlu ke Dinas (Disbudpar) cukup ke Satgas Jogo Tonggo, kepala desa atau lurah,” tuturnya saat ditemui selepas audiensi dengan Komunitas Vendor Bersama (Kavesa) di Gedung Sekretaris Daerah lantai IV, Senin (29/6/2020).

Baca juga : Warga Kudus Sudah Boleh Gelar Pesta Pernikahan, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Menurutnya, jika izin harus dilakukan ke Disbudpar, tentu akan menyulitkan masyarakat. Selain itu, pihaknya juga tidak memiliki anggaran untuk pelayanan tersebut.

Dikatakan Wahyu, mengenai perizinan yang harus ke Disbudpar, yakni acara komunitas besar seperti mengundang grup musik atau komunitas lainnya. Minimal waktu yang diberikan yakni dua pekan sebelum pelaksanaan kegiatan.”Misal ada acara sunatan mendatangkan Barongan. Lah nanti itu izin dulu,” tuturnya.

Namun pihaknya meminta, dalam pelaksanaan kegiatan pesta terutama resepsi pernikahan harus memberlakukan pembatasan-pembatasan protokol kesehatan.

Wahyu menjelaskan, pembatasan tersebut di antaranya maksimal tamu yang datang yakni 30 persen sampai 50 persen dari kapasitas lokasi resepsi. Selain itu, tamu yang datang harus dibuat sift dan tercatat dalam buku tamu.

“Nanti dicantumkan jamnya juga. Misalkan nanti ditemukan ada kasus (Covid-19), trakingnya akan lebih mudah,” tuturnya.

Selain itu, pelaksanaan acara harus di dalam gedung. Tidak boleh di luar ruangan. Namun untuk acara resepsi pernikahan yang lokasinya berada di rumahan, nanti akan dibatasi dan diawasi oleh Satgas Jogo Tonggo.

“Pasang tratak boleh. Namun harus memberlakukan protokol kesehatan. Harus pakai masker, ada tempat cuci tangan dan nata kursinya harus dikasih jarak,” jelasnya.

Yang tak kalah penting, lanjut Wahyu, tidak boleh mengundang tamu dari luar Kabupaten Kudus. Menurutnya, upaya tersebut sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca juga : Orkes Dangdut di Kudus Sudah Boleh Digelar Kembali, Ini Syaratnya

“Kita tidak tahu tamu tersebut habis dari mana saja. Ini untuk kewaspadaan saja,” tuturnya.

Nantinya bagi yang melanggar, pihaknya tidak memberikan sangsi khusus. Menurutnya, pembatasan ini menjadi kesadaran bersama untuk memulai kehidupan baru di masa pandemi.

“Jika nanti ada yang sudah pakai masker namun dicopot. Terus ada yang berkerumun. Nanti MC akan selalu mengingatkan,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Tinggalkan Balasan

24,655FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
12,711PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Dibuka Kembali, Wisata Ternadi yang Suguhkan Indahnya Alam Muria Ramai Pengunjung

BETANEWS.ID, KUDUS – Keindahan lereng Penggunungan Muria langsung menyergap indra penglihatan saat tiba di Destinasi Wisata Ternadi, Sabtu (27/6/2020). Cuaca yang cerah...

Industri Furniture di Semarang Ini jadi Langganan Artis Hollywood

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba-tiba menghentikan sepedanya ketika melintas di depan bangunan tua bergaya Eropa di Jalan Raya...

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Kelas 3 Dapat Subsidi Rp 16.500

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang yang hendak masuk ke kantor BPJS Kesehatan Kudus tampak diarahkan untuk cek suhu badan dan cuci tangan...

Segar di Mulut Aman di Perut, Es Mie Telur Jelly di Kedai Azzam Diburu Pembeli

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Tambak Lulang, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus tampak bangunan bercat merah jambu. Di dalam bangunan terlihat...

Satu Pegawai Positif Covid-19, Kampus UMK Diliburkan Sepekan

BETANEWS.ID, KUDUS - Universitas Muria Kudus (UMK) akan meliburkan sementara aktivitas di kampus menyusul adanya satu pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mantan Anggota DPRD Kudus Meninggal di Depan ATM

BETANEWS.ID, KUDUS - Mantan Anggota DPRD Kabupaten Kudus , Ngatmin Ali Manda meninggal mendadak di depan ATM BNI dekat Kantor Perusahaan Daerah...

Sempat Stop Setahun, Pedangdut Ayu Vaganza Kembali Konsumsi Narkoba Karena Sepi Job

BETANEWS.ID, KUDUS - Pedangdut Ayu Vaganza (23) ditangkap Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Kudus, Selasa (30/6/2020). Perempuan yang memiliki nama asli...