31 C
Kudus
Senin, Agustus 10, 2020
Beranda Ekonomi Dari Rp 5...

Dari Rp 5 Ribu Sampai Jutaan Rupiah, Penjualan Ikan Koi Tembus Hingga Bali

BETANEWS.ID, KUDUS – Suara gemercik air terdengar di sejumlah kolam yang ada di Muria Koi Kudus, Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kudus. Kolam-kolam yang berisi ikan koi itu terlihat sedang diberi makan. Satu di antara pengelola di sana adalah Sandi Tumonjo (28). Kepada betanews.id dia berbagi cerita tentang Muria Koi.

Budidaya ikan koi yang sudah berjalan sekitar lima tahun itu, saat ini sudah mengoleksi beragam jenis ikan koi. Sedangkan untuk harga ikan di sana, kisaran mulai harga Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu, untuk kualitas biasa ukuran 10 hingga 20 sentimeter.

Sandi Tumonjo sedang memberi makan ikan koi. Foto: Ahmad Rosyidi

Baca juga : Ikan Mas Koki Ankok Farm Mampu Tembus Pasar Mancanegara

“Sedangkan untuk kualitas yang bagus bisa hingga Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Itu untuk ukuran 10 hingga 20 sentimeter. Jadi harga menyesuaikan kualitas ikannya, bukan jenis ikan,” ungkapnya kepada betanews.id.

Dia juga menjelaskan, hal yang membedakan harga koi yaitu dari segi kualitas warna, tatanan pola warna, dan kualitas bodi. Jenis ikan koi yang ada di sana yaitu, beni koi, kohaku, showa, shiro, utsuri, kin showa, kujaku, dan bekko.

Produk dari Muria Koi saat ini sudah dipasarkan di seluruh wilayah Jawa Tengah. Selain itu, mereka juga menjual ikan koi hingga Bali. Untuk daerah yang lebih jauh saat ini masih terkendala dalam hal pengiriman.

“Jika daerah lebih jauh kami terkendala pengiriman. Sebelum dikirim, koi harus dipuasakan terlebih dahulu hingga sepekan. Agar saat pengiriman tidak membuang kotoran,” jelasnya.

Baca juga : Omah Cupang Syaiful, Tempat Wisata Edukasi Ikan Hias di Kudus

Jika membuang kotoran, ikan bisa mati saat perjalanan. Karena kotoran ikan akan mengandung ammonia yang bisa membuat ikan mati. Sehingga ikan perlu puasa sebelum dikirim.

“Maksimal ikan bisa tahan di perjalanan hingga dua hari. Jadi jika jarak terlalu jauh dan perjalanan terlalu lama kami belum bisa melayani,” sambungnya.

Editor : Kholistiono

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

25,138FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,304PengikutMengikuti
15,292PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Lestarikan Peninggalan Sunan Muria dengan Bertani Parijoto, Suwono Bisa Panen 50 Kg Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu dengan mengendarai motor matik, melalui jalur ekstrem yang berliku berupa tanah liat, serta udara yang sejuk mengiringi...

Menengok Peternakan Sapi Brangus Kudus yang jadi Langganan Artis Ibu Kota

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak sedang menyemprot beberapa sapi berukuran besar di sebuah kandang yang berada di pinggir sawah yang ada...

Yan Laksmana Terpilih Jadi Direktur Teknik PDAM Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Yan Laksmana terpilih menjadi Direktur Teknik (Dirtek) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus. Dia menyisihkan dua peserta yang mengikuti...

Ingin Cepat Selesaikan Skripsi, Isna Senang Perpusda Kudus Kembali Dibuka

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sedang memilih buku di perpustakaan yang berada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus. Sambil memegang...

Punya Usaha Makanan? Ini Cara Mengurus Izin PIRT di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang mengenakan baju putih terlihat di ruang Klinik Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...

Mana yang Lebih Sehat, Minum Jus atau Makan Buah dan Sayur Langsung?

Inneke Hantoro Dosen Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Di...

Soal Pasien Covid Memaksa Pulang, Hartopo: ‘Ini Kejahatan yang Luar Biasa’

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebanyak 13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (29/7/2020) malam memaksa pulang ke rumah. Mereka yang seharusnya masih harus menjalani...