31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBISNISOmah Cupang Syaiful,...

Omah Cupang Syaiful, Tempat Wisata Edukasi Ikan Hias di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebuah rumah bertuliskan Omah Cupang Syaiful yang ada di Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kudus, tampak cukup ramai. Adalah rumah milik Syaiful, Mantan Kepala Desa Kaliputu, yang kini menekuni budidaya ikan hias, khususnya Cupang.

Sembari melayani pembeli yang siang itu semakin banyak berdatangan,Syaiful menceritakan bagaimana budidaya ikan cupang tersebut awalnya hanya sebagai penyaluran hobi. Sebab, ketika SMA dirinya suka dengan pelajaran biologi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam.

Baca juga : Aris Buka Rahasia Agar Ikan Cupang Menang Kontes

- Ads Banner -

“Kalau dulu, sebelum sungguh-sungguh menjadikan budidaya ikan hias jadi usaha, maksudnya sekadar hobi. Lebih dulu kami budidaya bunga anggrek. Sering jualan di sekitar GOR. Itu dari tahun 1996 sampai 2007. Terus setelah itu, beralih ke budidaya ikan hias, khususnya cupang hingga saat ini,” papar Syaiful, Jumat (26/6/2020).

Dari sana, selanjutnya ia mengembangkan usaha dengan mempelajari ikan cupang. Mulai dari jenis, cara membudidaya, hingga aneka breeding ikan cupang. Syaiful mengatakan, melalui budidaya ikan cupang, merupakan pilihan yang sangat tepat. Hal ini karena trend ikan cupang selalu ada tiap tahun, sehingga penggemarnya banyak. Lalu, perawatannya mudah dan harga bisa melambung sesuai dengan tren.

“Kalau ikan cupang itu kan termasuk ikan yang punya labirin. Jadi bisa menyimpan oksigen di udara. Makanya dia bisa tahan dengan ruang yang kecil. Jadi kami nggak perlu memakai aerator. Terus kami juga menggunakan daun ketapang. Itu rahasia sukses beberapa pengusaha ikan hias. Yang pertama menemukan orang dari Thailand. Itu juga memengaruhi perawatan ikan cupang yang lebih hemat daripada ikan hias lain,” papar dia.

Baca juga : Moncer saat Pandemi, Bisnis Ikan Arwana di Muntilan Meningkat 20 Persen

Hingga saat ini, katanya, ada sekitar 10 ribu ekor lebih ikan cupang yang ia ternak atau budidaya. Jenisnya pun berbeda-beda dengan harga yang beragam pula. Ia juga berkali-kali menjadi juri kontes ikan cupang di Kota Kudus. Bahkan, Omah Cupang Syaiful juga ditunjuk oleh Dinas Pariwisata sebagai tempat Wisata Edukasi Ikan Hias, khususnya Ikan Cupang.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler