31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaWISATASimulasi New Normal,...

Simulasi New Normal, Makam Sunan Muria Dibuka Hanya untuk Peziarah Lokal

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus sedang mempersiapkan new normal atau kenormalan baru di sektor pariwisata. Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, pihaknya akan melakukan simulasi, tata letak dan pemetaan tempat terlebih dahulu untuk lokasi-lokasi wisata yang biasa dikunjungi masyarakat.

“Kita akan mulai simulasi dari Makam Sunan Muria,” ungkapnya saat ditemui, Senin (1/6/2020).

Menurutnya, simulasi, layout, dan pemetaan ini penting dilakukan di tempat-tempat yang digunakan untuk menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Hasilnya, pihaknya akan mengetahui kapasitas tempat, serta peta protokol Covid-19 yang perlu dilaksanakan.

- Ads Banner -

“Nanti ada pemberlakuan kapasitas berapa orang. Selain itu sebelum masuk harus cuci tangan, mengenakan masker dan ditembak termometer infra red,” jelasnya.

Baca juga: Makam Sunan Muria dan Taman Sardi Akan Dibuka Sepekan untuk Simulasi

Hartopo menuturkan, simulasi tahap pertama di Makam Sunan Muria akan dilaksanakan pada 8-14 Juni 2020. Setelah selesai, pihaknya akan mengevaluasi untuk dibuat kebijakan selanjutnya.

“Makam Sunan Muria sudah tutup beberapa waktu lalu untuk peziarah. Kami berencana membukanya dalam waktu dekat,” tuturnya.

Pihaknya juga memberi tahu, selama simulasi, peziarah yang diperbolehkan datang, dikhususkan masyarakat lokal saja. Baru setelah simulasi dikatakan sukses, maka akan dibuka untuk umum.

“Simulasi tersebut, untuk sementara waktu, hanya dikhususkan bagi peziarah atau wisatawan lokal. Kami akan juga wacanakan pendaftaran via online bagi peziarah yang berasal dari luar daerah. Jadi nanti booking dulu” tuturnya.

Baca juga: Masuki Fase New Normal, Perusahaan Wajib Buat Tim Penanganan Covid-19

Dengan adanya sistem booking secara daring, lanjut Hartopo, peziarah yang datang dapat dikontrol. Selain itu, penumpukan peziarah yang berada di dalam makam bisa dikendalikan.

“Jadi bila di dalam (Makam Sunan Muria) masih penuh, tidak boleh ada yang masuk lagi,” tuturnya.

Hartopo menambahkan, jika wisata di lokasi Makam Sunan Muria hidup kembali. Ekonomi masyarakat yang berada di daerah tersebut akan pulih.

New normal ini benar-benar kami persiapkan. Terutama pemulihan ekonomi. Kasian masyarakat,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler