31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaEKONOMIPedagang di Kawasan...

Pedagang di Kawasan Makam Sunan Muria Bersyukur Diperbolehkan Berjualan Lagi

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa orang tampak berlalu lalang di tangga jalan menuju Sunan Muria. Beberapa dari mereka yang turun menyempatkan berhenti di salah satu kios pedagang. Pemilik kios pun dengan cekatan dan ramah melayani calon pembeli. Salah satu pemilik kios, yakni Erni Susanti (33) merasa senang diperbolehkan berdagang kembali.

Seusai melayani pembeli, perempuan yang akrab disapa Erni itu sudi berbagi penjelasan kepada betanews.id. Dia mengaku merasa senang bisa berdagang lagi di tepi tangga menuju makam Sunan Muria. Karena, sebelumnya wisata religi tersebut ditutup selama tiga bulan akibat corona.

Tampak beberapa peziarah menuju Makam Sunan Muria. Foto : Rabu Sipan

Baca juga : Sepekan Makam Sunan Muria Dibuka untuk Simulasi, Begini Situasinya

- Ads Banner -

“Alhamdulillah ini bisa berdagang lagi. Soalnya selama Makam Sunan Muria ditutup, kami itu menganggur di rumah tidak ada pemasukan,” ujar Erni, Sabtu (13/6/2020).

Perempuan warga Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus itu mengaku sudah berdagang di tepi tangga Makam Sunan Muria selama 20 tahun. Dia berjualan aneka topi, peci dan blangkon. Meski pembeli belum sebanyak saat belum ada pendemi, setidaknya dia ada pemasukan.

“Memang peziarah dan pembeli masih sepi mas. Tapi setidaknya ada pemasukan per harinya. Kalau dulu sebelum ada corona sehari bisa dapat omzet Rp 500 ribu, sekarang bisa dapat Rp 50 ribu sudah bersyukur,” kata Erni.

Baca juga : Mutiara Ajak Peziarah di Makam Sunan Muria Taati Protokol Kesehatan

Setali tiga uang dengan Erni, pedagang lain bernama Suharti (60) juga merasa bersyukur diperbolehkan berdagang kembali di wisata religi Sunan Muria. Dengan begitu, penjual ganyong dan kripik itu bisa mendapat penghasilan. Namun diakuinya, saat ini peziarah dan pembeli masih agak sepi.

“Semoga saja keadaan bisa kembali normal. Sehingga peziarah yang datang banyak lagi. Serta semoga dagangannya laris dibeli para peziarah,” harap Suharti yang sudah berjualan 15 tahun di tepi tangga jalan ke Makam Sunan Muria.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler