31 C
Kudus
Minggu, Desember 4, 2022
BerandaFASHIONJavaz, Distro yang...

Javaz, Distro yang Pertama Kali Berdiri di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Di tepi Jalan Kudus – Colo, tepatnya di Desa Piji, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, tampak bangunan berlantai dua. Di dalam bangunan berpintu kaca tersebut terlihat aneka jenis pakaian tergantung rapi. Tempat tersebut yakni Distro Javaz, distro yang diklaim pertama kali di Kudus.

Muhammad Lutfi Prasetya (24) kepala toko menuturkan, Distro Javaz dirintis sejak 2006. Pada saat itu, kata dia, di Kudus belum ada toko pakaian berkonsep distro. Dan bisa dianggap Javaz itu distro pertama di kudus.

Salah seorang konsumen sedang memilih baju di Distro Javaz. Foto : Rabu Sipan

“Berbeda dengan sekarang ya, distro sudah menjamur di Kudus. Kalau dulu orang tahunya distro ya Javas,” kata pria yang akrab disapa Lutfi kepada betanews.id, Rabu (14/5/2020).

- Ads Banner -

Baca juga : Starcross Kudus Jorjoran Diskon Hingga 50 Persen

Pria yang bekerja di Distro Javaz selama dua tahun itu menuturkan, tempatnya bekerja itu dulu masih kecil ruangannya, masih sempit belum seluas sekarang. Dulu masih memanfaatkan ruangan rumah terus disekat. Kalau sekarang sudah luas dan berlantai dua.

Distro Javaz lanjutnya, menyediakan aneka jenis pakaian pria. Antar lain kaus oblong serta berkerah, lengan pendek maupun panjang. Ada juga kemeja pendek dan panjang. Celana bahan dan celana jeans tambahnya, juga tersedia. Serta ada topi, jaket, sandal, dompet maupun aneka jenis tas.

“Untuk tas tersedia tas punggung, tas selempang maupun tas pinggang,” bebernya sambil menyapa pelanggan yang datang.

Pria lajang tersebut mengatakan, aneka jenis pakaian yang dipajang di Distro Javaz merupakan dari brand – brand lokal terkenal. Di antaranya, Seventyfour, Proshop, Kick Denim, Sevenlight dan lain sebagainya.

“Semua produk di Distro Javaz itu original dari perusahaan pemilik mereknya ya. Jadi bukan barang tiruan atau KW,” jelasnya sambil mengajak duduk di bangku yang sudah disediakan.

Baca juga : Tiara Manfaatkan Waktu Luang Kuliah dengan Kerja di Distro

Distro Javaz tuturnya, sudah banyak dikenal para remaja sebagai gudangnya pakaian modis dan keren. Bahkan pelanggan tidak datang dari Kudus saja, melainkan juga ada yang dari daerah sekitar. Di antaranya, Pati, Jepara, Demak, Purwodadi, serta Blora.

Sehari, kata dia, Distro Javaz mampu menjual sekitar 40 hingga 80 aneka jenis pakaian. Berarti dalam sebulan toko tempat kerjanya itu mampu jual sekitar 1.200 pcs pakaian. Penjualan tersebut untuk bulan biasa. Kalau memasuki bulan Ramadan penjualan naik darstis.

“Kalau bulan puasa penjualan bisa sampai 150 pcs sehari. Berarti ada peningkatan penjualan hampir 100 persen,” rinci Lutfi yang menyebut Distro Javaz buka setiap hari mulai pukul 09:00 WIB sampai pukul 21:00 WIB.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler