31 C
Kudus
Kamis, Februari 29, 2024

Kualitas dan Harga Murah, Kunci Noto Mebel Bisa Bertahan Lebih 20 Tahun

BETANEWS.ID, KUDUS – Sore itu, kendaraan terlihat lalu lalang melintas di Jalan Kudus – Purwodadi. Di tepi barat jalan tampak dua pria sibuk beraktivitas seolah tidak terusik dengan suara bising laju kendaraan yang melintas. Di antara aneka furnitur, satu pria mengenakan masker tampak lihai menggerakkan tangannya menyemprot lemari menggunakan mesin pompa udara. Sedangkan satu pria lainnya terlihat mengamplas kursi goyang. Tempat tersebut yakni Toko Noto Mebel Makmur.

Satu di antara pria tersebut adalah Sunoto (46), pemilik toko Noto Mebel itu sudi berbagi kisah tentang usahanya tersebut. Dia mengatakan, mulai membuka usaha mebel pada tahun 1999. Setelah sebelumnya kenyang makan asam garam bekerja jadi tukang kayu di Jepara.

Sunoto sedang membuat tempat tidur pesanan pelanggan. Foto : Rabu Sipan

“Saya bekerja di mebelan Jepara itu selama empat tahun. Setelah menikah dan saya rasa cukup punya bekal keterampilan dan sedikit modal, saya nekat membuka usaha mebel sendiri,” ungkap pria yang akrab disapa Noto kepada betanews.id.

Baca juga : Kualitas Oke, Mebel Spesialis Kayu Lawasan Pak Timin Diburu Konsumen

Sembari duduk di kursi yang belum dipelitur, Noto melanjutkan kisahnya. Keputusan membuka usaha mebel sendiri diambilnya karena dirinya ingin mandiri dan punya usaha setelah menikah. Karena dia ingin sukses dan keluarganya kecukupan secara materi.

Dia mengatakan, dua tahun awal merupakan perjuangan berat merintis usahanya tersebut. Karena pada rentang waktu tersebut, orang belum mengetahui kualitas furnitur hasil karyanya. Sehingga jarang ada yang membeli atau memesan aneka perabot berbahan kayu jati di Noto Mebel.

“Karena jarang ada pembeli atau pun pemesan, tak jarang saya kehabisan modal. Sehingga di sela menanti ada yang beli, saya memutuskan untuk kerja serabutan agar dapur tetap ngebul,” ujarnya.

Pria yang mengenakan kaus merah tanpa lengan itu menuturkan, selama dua tahun itu dia sangat kerja keras. Selain kerja serabutan, dirinya juga harus meyakinkan semua orang yang ditemuinya agar percaya bahwa aneka produk mebel karyanya itu sangat bagus. Serta terbuat dari bahan kayu jati yang berkualitas.

“Saya bersyukur, usaha saya meyakinkan banyak orang selama dua tahun membuahkan hasil. Sampai saat ini aneka furniture di Noto Mebel diminati banyak orang. Tidak hanya orang Kudus saja, tapi juga dari lain daerah. Lemari yang sudah dipelitur itu juga sudah laku terjual,” ujar Noto sambil menunjuk beberapa lemari.

Baca juga : Sudah Uji Lab, Paving Produksi UD Noor Jaya Kualitasnya Tak Perlu Diragukan

Dia mengungkapkan, Noto Mebel menjual aneka furnitur berbahan kayu jati berkualitas. Di antaranya, lemari, ranjang, meja, kursi, kusen, pintu, jendela dan lainnya. Untuk harga, tuturnya dijamin sangat terjangkau serta bisa dinegosiasikan.

“Prinsip dasar usaha saya adalah memberi kualitas bagus dengan murah. Dijamin mebel saya ini harganya paling murah di Kudus. Itulah kunci kenapa Noto Mebel bisa bertahan hingga lebih 20 tahun, di tengah maraknya persaingan usaha mebel,” paparnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER