31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Kualitas Oke, Mebel Spesialis Kayu Lawasan Pak Timin Diburu Konsumen

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebuah mebel di tepi jalan Budi Utomo Nomor 13, Desa Jepang RT 4 RW 5, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, tampak sejumlah orang sedang beraktivitas. Satu di antara mereka terlihat sedang membongkar tumpukan kayu. Dia yakni Muhammad Abdul Wahid (23), anak dari bapak Suratmin, pemilik mebel spesialis kayu lawasan.

Wahid sapaan akrabnya, sudi berbagi cerita kepada betanews.id tentang usaha yang dirintis bapaknya sejak tahun 2005 itu. Menurut Wahid, orang tuanya pernah mengalami saat-saat sulit. Berawal ikut orang terlebih dahulu selama enam tahun, dengan bayaran seadanya.

Salah satu pekerja di Mebel Pak Timin sedang mengerjakan kusen pesanan pelanggan. Foto: Ahmad Rosyidi

“Ikut kerja tapi bayarannya sedikit, karena bapak masih belajar. Setelah ikut orang selama enam tahun, bapak kemudian merantau ke sejumlah daerah di Jawa. Karena jarang berkumpul dengan keluarga, akhirnya ibu meminta bapak untuk di rumah saja, membuka usaha sendiri,” papar anak terakhir dari dua bersaudara itu.

Setelah sepakat membuka usaha, mereka meminjam uang untuk membuka usaha mebel di rumah. Awal pemasaran melayani pesanan dari tetangga dan teman-teman kerja istrinya. Saat ini, pemasaran sudah meluas hingga daerah eks Karesidenan Pati.

“Awalnya bapak menggunakan kayu baru, tetapi sejak lima tahun yang lalu mayoritas menggunakan kayu bekas. Harganya lebih murah hampir separuh harga dari kayu baru, selain itu juga peminat dan keuntungan kayu bekas lebih banyak,” ungkapnya, Senin (2/3/2020).

Wahid juga mengungkapkan, jika membeli kayu bekas di daerah sekitar Jawa Tengah. Dia mengambil jenis kayu kalimantan, sedangkan kayu jati hanya untuk pelanggan-pelanggan tertentu, karena harganya lebih mahal.

Mebel Timin selain melayani pesanan juga menjual bahan kayu bekas, seperti usuk mulai harga Rp 3 ribu hingga Rp 60 ribu, reng per 25 batang harganya mulai Rp 50 ribu hingga Rp 350 ribu. “Menyesuaikan ukiran, kayunya juga bisa memilih sendiri,” terangnya.

Untuk pemesanan di Mebel Pak Timin minimal memberi uang muka 10 persen sebagai tanda jadi. Dia juga bisa melayani pesanan segala macam jenis barang yang terbuat dari bahan kayu.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER