31 C
Kudus
Selasa, Maret 31, 2020
Beranda Kudus Biar Cepat Sampai...

Biar Cepat Sampai Tempat Kerja, Noviatun Pilih Seberangi Sungai Wulan dengan Perahu Eretan

BETANEWS. ID, KUDUS – Seorang perempuan mengenakan jaket merah dan masker tampak mengendarai motor. Dengan hati – hati, motor yang dikendarainya menaiki perahu penyeberangan di Sungai Wulan. Perempuan tersebut yakni Eko Noviatun, satu di antara pengguna jasa penyeberangan perahu eretan.

Dia mengungkapkan, hampir setiap hari menyeberangi Sungai Wulan menggunakan perahu eretan. Hal itu dilakukakan selama hampir enam tahun. Karena tempat tinggalnya di Kecamatan Undaan, Kudus dan tempat dia bekerja yang berada di Desa Sambung, Kecamatan Karanganyar, Demak dipisahkan oleh Sungai Wulan.

Warga bersiap untuk menyeberangi Sungai Wulan menggunakan perahu Eretan. Foto : Rabu Sipan

“Saya itu sudah pelanggan tetap perahu eretan. Karena kalau saya berangkat kerja lewat jalur darat jarak tempuhnya memutar dan kejahuan. Jadi naik perahu eretan bisa lebih cepat dan hemat bahan bakar,” ungkap Eko Noviatun kepada betanews.id.

Perempuan yang tercatat sebagai warga Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus itu menuturkan, keberadaan perahu eretan di Sungai Wulan itu sangat membantunya. Apalagi ongkos penyeberangannya juga tidak mahal yakni Rp 3 ribu pulang – pergi (PP).

Senada dengan Eko Noviatun, Sukaenah warga Dukuh Gandek, Desa Undaan Kidul, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, mengaku sering menggunakan jasa perahu eretan untuk menyeberang. Setiap pergi ke Pasar Wage yang berada di Desa Undaan Kidul, Kudus, dia atau pun tetangganya pasti naik perahu eretan.

“Saya dari kecil sampai tua ini setiap pergi ke Pasar Wage Undaan Kidul, Kudus, pasti naik perahu eretan. Soalnya kalau lewat jalan darat harus lewat Bendungan Wilalung. Jauhnya minta ampun. Apalagi saya ini kalau ke pasar jalan kaki,” ungkap Sukainah yang berharap dibangun jembatan penyeberangan oleh pemerintah.

Sumakno, pemilik perahu eretan mengungkapkan, keberadaan perahu eretan bisa dianggap sebagai penunjang aktivitas masyarakat sekitar. Khususnya enam desa di Kecamatan Karanganyar, Demak dan warga Desa di Kecamatan Undaan.

Dia mengaku demi bisa menyeberangkan warga sekitar, dirinya harus beli perahu seharga Rp 45 juta. Dan jalan dari kedua kecamatan menuju Sungai Wulan dibuat cor beton. Agar saat musim hujan bisa dilalui dan warga bisa menjangkau perahunya.

“Untuk membuat penyeberangan ini saya harus modal banyak. Beli perahu dulu itu sudah Rp 45 juta dan sekarang harganya sudah naik jadi Rp 80 juta,” ujar Sumakno.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

20,596FansSuka
13,415PengikutMengikuti
4,309PengikutMengikuti
10,120PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

1,8 Juta Warga Jateng Akan Terima BLT, Anggaran Rp 1,4 T Sudah Disiapkan

BETANEWS.ID, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jateng telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,4 triliun untuk menanggulangi kasus penyebaran virus corona. Dana tersebut akan...

Polisi Kudus Datang, Kerumunan Muda-Mudi Tunggang-Langgang

BETANEWS.ID, KUDUS - Suara sirine dari mobil polisi memecah suasana malam di sekitar GOR Bung Karno Kudus, Sabtu (28/3/2020) malam. Dari pengeras...

Produksi Dupa di Kudus Terdampak Corona

BETANEWS. ID, KUDUS - Aroma dupa tercium di sebuah ruangan berukuran 4,5 x 3 meter di Desa Loram Kulon, RT 01 RW...

Peduli Pencegahan Corona, Pemdes Jepang Adakan Penyemprotan Disinfektan

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebuah mobil pick up terlihat melintas di sebuah jalan di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Terdengar suara dari...

Jokowi ke Gubernur: Tirulah Jateng, Anggarkan Warga Terdampak Corona!

BETANEWS.ID, SEMARANG - Presiden Jako Widodo memerintahkan semua kepala daerah untuk meniru langkah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengatasi kasus dan dampak...

Perangi Covid-19, Rumah Warga Ketitang Wetang Kembali Disemprot Disinfektan

BETANEWS.ID, PATI -Wabah Covid-19 kian membuat warga berbondong-bondong mencari langkah-langkah pencegahan awal. Tak terkecuali warga Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati...

Sembilan Jurnalis Pati yang Kontak dengan Mbah Roso Dinyatakan Negatif Covid-19

BETANEWS.ID, PATI – Sembilan wartawan di Kabupaten Pati telah menjalani rapid test, yang diadakan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati di halaman Stadion...