31 C
Kudus
Selasa, Desember 1, 2020
Beranda Ekonomi Produk Genting Jumiati...

Produk Genting Jumiati Ngembalrejo Beri Garansi Sepuluh Tahun

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan paruh baya mengenakan kaus sebuah partai terlihat sedang mengambil tanah liat di sebuah tempat pembuatan genting yang berada di Dukuh Ngetuk, Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus.Tanah tersebut kemudian ditaruhnya di tatakan alat pres.

Tak berapa lama, datang perempuan seusianya menaiki sepeda dengan mengenakan kerudung dan membawa kantong plastik. Saat turun, dia membagikan bungkusan nasi kepada beberapa orang yang berada di lokasi tersebut. Perempuan itu adalah Jumiati, pemilik usaha genting yang ia rintis puluhan tahun lalu.

Jumiati menunjukkan genting yang diproduksinya. Foto : Rabu Sipan

Kepada betanews.id, Jumiati menuturkan, kisah perjuangannya bersama sang suami merintis usaha genting tersebut. Usaha genting miliknya, katanya dirintis sejak awal nikah, tepatnya pada tahun 1984. Karena sebelum menikah dia dan suami masih kerja jadi kuli pembuat genting milik warga keturunan Tionghoa.

Tumpukan genting di tempat usaha milik Jumiati di Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae. Foto : Rabu Sipan

“Sebelum nikah, aku sama calon suamiku nguli di tempatnya orang Cina. Dan itu lumayan lama. Karena ingin kehidupan yang lebih baik lagi setelah menikah, maka kami memutuskan untuk buka usaha pembuatan genting sendiri,” ungkap ibu dari tiga anak.

Menurutnya, untuk mengawali usaha produksi genting, Jumiati dan suaminya mengeluarkan modal sekitar Rp 5 juta. Uang tersebut dia gunakan untuk membeli tanah pekarangan dan bahan untuk pembuatan genting. Dia bersyukur, genting hasil produksinya diminati banyak orang, sehingga usahanya bisa berkembang.

Jumiati menjelaskan, di tempat pembuatan genting miliknya tersebut, bisa memproduksi ribuan genting setiap harinya. Tempatnya sendiri mampu menampung genting basah sekitar 50 ribu genting. Sedangkan untuk jenis genting yang diproduksi ada tiga macam, yakni mantili, kodokan dan mantili kecil.

“Untuk harga genting, kami jual dengan harga bervariasi. Untuk genting mantili besarkami jual Rp 2 juta per 1.000 buah, sedangkan kodokan dan mantili kecil kami jual Rp 1,5 juta per 1.000 buah,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan, genting yang diproduksinya bergaransi. Untuk durasi garansinya adalah selama sepuluh tahun. Sedangkan klaim kerusakan, jumlahnya harus di atas sepuluh.

“Setiap orang yang membeli genting, jumlahnya kami lebihi 10 genting. Jadi klaim kerusakan, jumlahnya juga harus lebih dari sepuluh dan masa lamanya jangan lebih dari 10 tahun,” jelas Jumiati.

Jumiati mengatakan, genting yang diproduksinya itu diminati banyak orang. Bahkan pelanggannya tidak hanya dari Kudus saja, melainkan juga dari kabupaten tetangga. Dia pun bersyukur, usaha yang dirintis puluhan tahun itu sekarang sudah ada hasilnya.

“Saya bersyukur, usaha genting yang kami rintis puluhan tahun sudah ada hasilnya. Kami bisa menguliahkan anak, beli beberapa bidang tanah, dan yang paling kami syukuri, Insya Allah pada 2024 nanti, saya dan suamiku berangkat ke tanah suci,” ucapnya sambil tersenyum sumringah.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Satgas Covid-19 Kembali Rilis Jateng Tertinggi Penambahan Kasus Aktif, Dinkes : ‘Satgas Keliru, Ada Dobel Data’

BETANEWS.ID, SEMARANG – Pada Minggu (29/11/2020), Satgas Covid-19 merilis penambahan kasus positif di Jawa Tengah. Dalam rilis itu, disebut Jawa Tengah menjadi...

Warga Sedulur Sikep Olah Sampah Plastik jadi Paving Block Berkualitas

BETANEWS.ID, KUDUS - Asap hitam mengepul saat seorang pria membakar tumpukan plastik di halaman rumahnya yang berada di Dukuh Kaliyoso, RT 5...

Bosan Jadi Sales, Ririn Rintis Jual Sempolan dan Tahu Krispi yang Laris Manis

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sibuk di samping gerobak yang terbuat dari aluminium. Perempuan yang mengenakan celemek itu dengan cekatan menggoreng...

Menikmati Sedapnya Soto Geprek, Menu Unik yang Hanya Ada di Geprek Uenakkene

BETANEWS.ID, KUDUS – Keramaian tampak jelas di sebuah warung Desa Mlati Norowito Gang 1 Nomor 24, Kecamatan/Kabupaten Kudus. Mereka terlihat sedang duduk...

Menikmati Indahnya Rawa Pening dari Bukit Cinta yang Terus Menggoda Wisatawan

BETANEWS.ID, KAB. SEMARANG – Air Rawa Pening tampak berkilauan diterpa sinar matahari sore yang mulai berwarna jingga. Di tengah hamparan eceng gondok...

Geluti Bisnis Ikan Cupang Sejak di SMK, Nurul Kini Punya Pelanggan Hingga Singapura

BETANEWS.ID, PATI - Di sebuah rumah masuk Desa Banyuurip RT 5 RW 1, Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati, terlihat banyak toples yang berisi...

Di Tangan Nurhayati, Labu Kuning Disulap Aneka Olahan Makanan Bernilai Ekonomi Tinggi

BETANEWS.ID, KUDUS - Aroma adonan kue mulai merayapi indera penciuman saat berada di depan sebuah rumah di Desa Bulungcangkring RT 3 RW...