31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Tanaman Hias di Kudus Ini Tampak Biasa, Tapi Jangan Tanya Harganya

SEPUTARKUDUS.COM, GETAS PEJATEN – Tumpukan batu bata mengelilingi pohon setinggi dua meter di penjualan tanaman hias Ferri Permana di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus. Tanaman tersebut yakni Beringin Dolar, termasuk tanaman mahal kelas premium yang biasanya ditaruh di taman rumah dan harganya bisa mencapai Rp 15 juta.

Pekerja merawat tanaman hias Beringin Dolar di Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus. Foto: Imam

Pohon tersebut seperti kumpulan akar yang setiap pucuknya ada daun-daun kecil yang bergerombol. Warnanya coklat dengan belang-belang putih yang tampak pudar. Di bagian atas bergelantung akar-akar kecil yang menjulang kebawah.

Menurut Kurniawan (27), pekerja di penjualan tanaman hias Ferri Permana mengatakan, nama pohon tersebut yakni Beringin Dolar.  “Tanaman Beringin Dolar termasuk tanaman mahal. Jika tanaman ini ditaruh di halaman rumah akan menambah kesan elegan,” ungkapnya kepada Seputarkudus.com, Jumat (20/5/2016).

Dia memberitahukan, harga Beringin Dolar yang tingginya mencapai dua meter sekitar Rp 15 Juta. Sedangkan untuk yang mempunyai tinggi 1,5 meter harganya Rp 7 Juta. “Namun juga tergantung dari keindahan bentuk tanamannya. Semakin unik akan semakin mahal,” tambahnya.

Kurniawan yang sudah bekerja dari tahun 2006 menuturkan, Beringin Dolar yang berada ditempat kerjanya sudah dirawat selama tiga tahun. Tanaman ini menurutnya cukup mudah untuk dirawat.

“Tanaman ini tidak terlalu membutuhkan air banyak. Karena jika kelebihan akarnya akan membusuk,” jelasnya.

Dia menambahkan, keunikan dari Beringin Dolar yakni daunnya dapat tumbuh sejajar pada batang dari bawah sampai keatas pangkal. Jarak antara daun satu dengan yang lain juga cukup jauh. Bentuk daunnya simetris tebal yang mengandung banyak air. Daunnya berwarna hijau tua mengkilap.

“Jumalah daun yang tumbuh tidak banyal. Ini mungkin alasan kenapa dinamakan Beringin Dolar,” jelasnya.

Sambil mencabut rumput di sekitar tanaman Beringin Dolar, Kurniawan menuturkan, daya tarik lain selain daunnya yakni batangnya. “Pangkal batangnya bisa membesar seperti bonggol,” tambah dia.

Dia menuturkan, tanaman ini juga bisa ditaruh di dalam ruangan. “Ketika sudah dua sampai empat hari di ruangan, panaskan di terik matahari selama tiga jam, jangan lupa disiram sedikit air,” ungkapnya.

Usaha tanaman hias yang dimiliki Ferri Permana tersebut selain menjual tanaman hias, juga menjual tanaman buah. “Di sini juga ada tanaman buah dan tanaman pot kecil, antara Brokoli Kuning, Aponika, Pucuk Merah, Puring dan lain-lain,” jelasnya.

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER