31 C
Kudus
Selasa, Juni 18, 2024

Presiden Jokowi akan Datang ke Kudus, Tak Takut Lengser Keprabon?

SEPUTARKUDUS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan datang ke Kudus bulan ini. Rencana kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini, akan meletakkan batu pertama pembangunan Waduk Logung. Namun, hingga saat ini sebagian masyarakat Kudus percaya, presiden yang datang ke Kudus akan lengser dari jabatannya. Apakah Jokowi tak takut lengser keprabon?

Kepercayaan masyarakat terhadap mitos lengsernya presiden yang datang ke Kudus tak lepas dari cerita masa lampau. Cerita itu yakni Sunan Kudus yang membuat Rajah Kalacakra untuk melindungi muridnya, Arya Penangsang dari lawannya. Rajah tersebut dipercaya dapat menumbangkan pejabat tinggi dari kekuasaannya. Dan, banyak yang percaya rajah tersebut masih berpengaruh hingga saat ini.

-Advertisement-

Berdasarkan data sejarah yang ada, sejumlah presiden pernah datang ke Kota Kretek. Di antaranya Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Gus Dur datang ke Kudus saat menjabat sebagai presiden pada tahun 2002. Saat itu mantan ketua umum PBNU tersebut sowan ke kediaman ulama ternama di Kudus, KH Sya’roni Ahmadi. Tak lama setelah kedatangannya itu, Gus Dur dilengserkan dalam Sidang Istimewa MPR. 

Sedangkan Presiden SBY, datang ke Kudus pada Maret 2014. Kedatangannya saat itu untuk meninjau pelaksanaan program BPJS di RSUD Kudus. Tak lama setelah kunjungannya itu, SBY lengser, karena memang masa jabatannya telah berakhir. Dan karena saat itu SBY menjadi presiden periode kedua, dia tidak bisa diusung lagi untuk mencalonkan diri dalam Pemilu Presiden 2014.

Mitos Rajah Kalacakra tersebut, boleh dipercaya, boleh juga tidak. Bagi yang percaya dengan mitos ini, mungkin akan mendasarkan kebenaran terhadap beberapa kejadian sebelumnya tersebut. Dan bagi yang tidak percaya, akan menganggap hal itu hanya terjadi karena kebetulan. Bagaimana dengan Jokowi? Kita Tunggu saja.  

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER