31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaKUDUSJokowi Gagal Jadi...

Jokowi Gagal Jadi Capres Karena Datang ke Kudus?

SEPUTAR KUDUS – Jokowi  bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, datang ke Kudus bertemu dengan Bupati Kudus Musthofa, 20 Maret. Foto Antara: Andreas Fitri Atmoko

SEPUTAR KUDUS – Sehari setelah Pemilihan Umum Legislatif (Pemilu) 2014, banyak media-media nasional memberitakan isu pencapresan Jokowi batal dilakukan PDIP. Dalam sejumlah media disebutkan, isu pembatalan tersebut menyusul suara partai banteng moncong putih itu tidak mencapai target yang diinginkan, yakni sebesar 27 persen.

Sejumlah media nasional yang memberitakan isu tersebut, di antaranya Kompas.com, Tribunnews.com, Rmol.co, dan lainnya. Dalam pemberitaannya, bahkan mengutip perkataan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri, yang mengatakan pencapresan Gubernur DKI Jakarta tersebut belum resmi. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, yakni perolehan suara partai minimal 20 persen.

Berdasarkan hasil akhir hitung cepat yang dilakukan Kompas, Rabu (19/4/2014) PDIP meraup suara paling tinggi dibanding partai lainnya. Namun, dalam hitung cepat itu disebutkan, PDIP hanya mendapat 19,23 persen. Angka tersebut kurang dari batas perolehan suara yang disyaratkan untuk mengusung capres, yakni 20 persen.

- Ads Banner -

Sebelum pelaksanaan pileg, Jokowi sempat berkunjung ke sejumlah daerah di Jawa Tengah, termasuk ke Kudus. Dia datang ke Kudus pada 20 Maret 2014, sekitar pukul 23.00 WIB. Jokowi disambut Bupati Kudus Musthofa dan sejumlah Muspida, di Pendapa Kabupaten. Sebelum ke Kudus, Jokowi datang ke Rembang, berkunjung ke Ponpes Roudlotut Tholibin, untuk bertemu dengan KH Musthofa Bisri atau Gus Mus.

Hingga kini, masih berkembang mitos di kalangan masyarakat Kudus, tentang pejabat negara yang datang ke Kudus akan lengser dari jabatannya, termasuk presiden. Banyak masyarakat yang masih memercayai mitos tersebut. Mitos itu muncul karena Sunan Kudus menancapkan Rajah Kalacakra di pintu gerbang Masjid Menara Kudus. Rajah tersebut konon akan dikenakan musuh murid kesayangan Sunan Kudus, Arya Penangsang.

Apakah merebaknya isu pembatalan pencapresan Jokowi karena kedatangannya ke Kudus? Tidak ada yang tahu pasti, toh isu yang berkembang tersebut belum tentu juga kebenarannya. (Mase Adi Wibowo)

Artikel terkait lainhnya:
Mitos Lengsernya Presiden Setelah Datang ke Kudus
Datang ke Kudus, SBY Tak Takut Lengser?
Ini Alasan Presiden SBY Tak Jadi Makan Garang Asem di Kudus

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler