31 C
Kudus
Rabu, Juli 17, 2024

Warga Bisa Daftarkan Kekayaan Intelektual di MPP Kudus, Catat Tanggalnya

BETANEWS.ID, KUDUS – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumhan) Jawa Tengah membuka layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kudus. Pelayanan yang buka Selasa-Kamis (2-4/7/2024) itu terkait dengan konsultasi dan pendampingan pendaftaran kekayaan intelektual.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto,menyampaikan, Mobile IP Clinic merupakan salah satu program unggulan Direktorat Jenderal (Dirjen) kekayaan intelektual Kememkumham. Program ini adalah semacam sosialisasi penyuluhan permasalahan-permasalahan dari pencatatan hak kekayaan intelektual di beberapa wilayah.

“Melalui program ini kita jemput bola. Mudah-mudahan masyarakat yang jauh dengan Kanwil bisa menyampaikan sehubungan dengan kekayaan intelektual,” ujar Tejo di Pendapa Kudus, Selasa (2/7/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Pemkab Kudus Ajak Perusahaan Ikut Bantu Kurangi Pengangguran

Selain Mobile IP Clinic, lanjut dia, pihaknya juga melaksakan kegiatan guru intelektual, yakni sosialiasi atau transformasi pengetahuan tentang kekayaan intelektual di SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi.

“Khusus hari ini adalah awal pembukaan Mobile IP Clinic di wilayah eks Karesidenan Pati. Alhamdulillah kita berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus. Kami melihat Pemkab Kudus benar-benar mendorong untuk pendaftaran kekayaan intelektual,” bebernya.

Pj Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie sangat antusias Kememkumham membuka layanan Mobile IP Clinic di MPP Kudus. Menurutnya, hal itu akan mempermudah masyarakat yang ingin mematenkan hak kekayaan intelektualnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenkumham yang membuka gerai Mobile IP Clinic. Hal ini sangat bagus, karena sebagai bentuk negara hadir untuk melindungi hak-hak kekayaan intelektual masyarakat,” ujar Hasan.

Baca juga: Pemerintah Kembali Naikkan Tarif Cukai Rokok pada 2025, Begini Respon PT Djarum

Menurutnya, mematenkan hak kekayaan intelektual tentu akan memberikan rasa aman bagi pelaku usaha, baik itu industri kreatif, maupun industri lainnya.

“Dampaknya dari pemberian hak kelayaam intelektual tersebut akan mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat. Karena aktivitasnya akan semakin bergulir. Kami berharap banyak potensi di Kudus yang nanti bisa dipatenkan hak kekayaan intelektualnya,” harap Hasan.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER