31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Sekda Kudus ke Wartawan: ‘Jangan Buat Berita Bencana dengan Narasi Ngenyek’

BETANEWS.ID, KUDUS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus menggelar diskusi dan pelatihan penanggulangan bencana di Hotel @hom, Rabu (3/7/2024). Acara tersebut mengangkat tema peran media massa dalam pentahelix penanggulangan bencana.

Sekda Kudus, Revlisianto Subekti, berharap, peran media untuk tidak hanya mempublikasikan saat peristiwa bencana saja. Mereka bisa membuat liputan terkait mitigasi bencana.

“Teman-teman wartawan juga bisa memberitakan yang memuat tentang sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan pencegahan bencana. Jadi perannya itu lebih menyeluruh,” ujar pria yang akrab disapa Kelik itu.

-Advertisement-

Baca juga: 4 Bulan Pertama 2024, Kerugian Kudus Akibat Bencana Capai Rp38 Miliar

Kelik menyampaikan, ketika ada peristiwa bencana, para awak media mungkin juga bisa memberitakan kisah heroik para relawan dalam membantu warga. Misal, bagaimana mereka rela tak pulang demi membantu korban.

“Foto berita bencana juga ambil angle yang baik dan dengan narasi yang baik pula. Jangan membuat berita bencana dengan narasi yang ngenyek,” pintanya.

Dalam penanggulangan bencana, Sekda Kudus juga meminta peran masyarakat, terutama banjir yang hampir tiap tahun terjadi. Dia meminta warga mengolah sampah mulai dari rumah tangga.

“Hal itu jadi tugas berat Dinas PKPLH (Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus untuk menyosialisasikannya. Ketika sampah sudah terkelola di rumah, selain ikut mencegah banjir juga mengurangi sampah yang akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjungrejo,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER