31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Sambang Santri, Program Strategis Pj Bupati Kudus untuk Berdayakan Pesantren

BETANEWS.ID, KUDUS – Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie mendorong komunitas pesantren untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tata kelola administrasi, dan peningkatan sumber daya.

Untuk memantau perkembangannya, Hasan menginisiasi program Sambang Santri sebagai forum dialog antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus dan komunitas pesantren, untuk berbagi inspirasi dan menyerap aspirasi.

“Pesantren di Kudus ini luar biasa besar potensinya, dengan tradisi ratusan tahun yang sudah mengakar. Jadi, DNA warga Kudus ini, kan, pendidikan pesantren yang sudah menjadi filosofi kehidupan. Ini bisa menjadi institusi yang menginternasional. Saya yakin itu,” ungkap Hasan melalui siaran tertulisnya pada betanews.id, Jumat (5/7/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Satu-satunya Penyedia Kelas Khusus Olahraga, SMPN 3 Kudus Diminati Atlet Cilik

Hasan menjelaskan, Program Sambang Santri ini hampir sama dengan Bupati Goes to School. Harapanya, program ini bisa memberi inspirasi generasi muda di Kota Kretek.

Pada kunjungan pertama program ini, Hasan menyambangi Pesantren El-Fath El Islami, Ngembalrejo, Bae, Kamis (4/7/2024) malam. Dalam kesempatan itu, pria yang juga menjabat Kepala BKHM Kemendikbudristek itu menyampaikan, pesantren harus bersiap dengan tantangan zaman, di antara transformasi teknologi dan bonus demokrasi.

“Bonus demografi bangsa Indonesia akan terjadi pada 20 tahun mendatang, tepatnya pada 2045. Masyarakat usia produktif akan menempati jumlah paling banyak di antara masyarakat lansia dan anak-anak. Hasan meminta santri mempersiapkan diri dengan menimba ilmu, kemudian meminta restu kepada orang tua dan guru,” pesannya.

“Santri pesantren punya fondasi berpikir yang kuat, juga daya tahan survival dan mentalitas yang bagus. Ini modal besar untuk menjemput kesuksesan pada masa kini dan mendatang,” imbuh Hasan.

Baca juga: Agar Mampu Rawat Cagar Budaya, Disbudpar Kudus Beri Pembinaan ke Puluhan Jupel

Selain itu, Hasan menyadari pentingnya kesehatan bagi santri. Hasan meminta Puskesmas setiap wilayah melakukan medical check up santri di pondok pesantren setempat secara berkala, sehingga kesehatan santri tetap terpantau dan dapat menerima ilmu dengan maksimal.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyerahkan bantuan pentasyarufan Zakat, Infak, dan sedekah (ZIS) dari Baznas Kudus kepada Pondok Pesantren EI Fath El Islami.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER