31 C
Kudus
Sabtu, Juli 13, 2024

Agar Mampu Rawat Cagar Budaya, Disbudpar Kudus Beri Pembinaan ke Puluhan Jupel

BETAEWS.ID, KUDUS – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus membina 47 juru pelihara (Jupel) Cagar Budaya selama tiga hari, Rabu-Jumat (3-5/7/2024). Mereka berasal dari berbagai objek cagar budaya dan objek diduga cagar budaya (ODCB).

Ada dua narasumber berkompeten yang memberikan materi dan praktik, yaitu Septiani Emdrawati dan Asri Kurnia Kartina, Konsevator di Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X (DIY-Jateng).

Kepala Disbudpar Kudus, Mutrikah, mengatakan, kegiatan ini bertujuan para juru pelihara memiliki kemampuan dalam merawat dan memelihara objek cagar budaya ataupun objek diduga cagar budaya agar tetap lestari.

-Advertisement-

Baca juga: 17 Fosil Purba Museum Patiayam Sudah Mendapat SK Cagar Budaya

Hal ini selaras dengan amanat Undang-Undang UU Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, Pemerintah Kabupaten mempunyai tugas untuk melakukan Pelindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Cagar Budaya.

“Ini supaya para juru pelihara memiliki mutu dan kapasitas tambahan dalam melestarikan cagar budaya agar tidak rusak dan tetap lestari. Mereka kami bekali pengetahuan dari ahlinya dan kami siapkan sarpras dan alat untuk praktik step by step proses pemeliharaan yang tepat,” kata Tika melalui siaran tertulisnya kepada Betanews.id, Rabu (3/7/2024).

Lebih lanjut Ia menjelaskan, pembinaan ini berlangsung di tiga tempat. Dua hari pertama di Taman Krida dengan materi dan praktik konservasi objek berbahan  kayu, batu, batu bata, hingga logam. Kemudian hari terakhir akan ada praktik outing class di rumah adat (Museum Kretek) hingga di Langgar Bubrah.

“Harapan kami pengetahuan dan skil para juru pelihara bisa bertambah, dan objek cagar budaya ataupun objek diduga cagar budaya bisa terus dilestarikan. Ketika dirawat dengan baik pastinya bisa dijadikan magnet wisata yang bisa membuat masyarakat dari luar daerah tertarik untuk datang ke Kudus,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER