31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Pemprov Jateng Sebut Sudah Proses Dugaan KK Palsu dalam PPDB SMAN 1 Pati

BETANEWS. ID, PATI – Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Wilayah III Provinsi Jawa Tengah menyebut sudah memproses terkait adanya dugaan kartu keluarga (KK) palsu untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 1 Pati.

Bukan hanya di SMAN 1 Pati saja, namun, cabdin juga memproses adanya dugaan KK palsu di SMAN 1 Juwana.

“Mengenai aduan KK yang tidak sesuai dengan data Dukcapil, kemarin sudah kami proses sebanyak 18 KK, yaitu dari SMA 1 Pati dan SMA 1 Juwana,” ujar Ketua Panitia PPDB SMA dan SMK Negeri Jawa Tengah, Amirul di kantornya, Selasa (2/7/2024).

-Advertisement-

Baca juga: SMAN 1 Pati Terancam Dilaporkan ke Polda Jateng Terkait Dugaan Jual Beli Kursi PPDB

Dirinya menyebut, setelah pihaknya melakukan pengecekan, kemudian KK yang diduga palsu itu dikirimkan untuk diverifikasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Hasilnya, kata dia, ternyata data-data tersebut tidak sesuai dengan data di aplikasi Dukcapil. Kemudian, hal itu dilaporkan ke atasannya terkait dengan ketidakabsahan data tersebut.

“Mungkin bisa ditindaklanjuti pada saat pendaftaran ulang untuk dibatalkan, karena tidak sesuai dengan data di Dukcapil,” ucapnya.

Menurutnya, karena terindikasi titik koordinat sama, sehingga ketika dicek, ternyata tidak sesuai.

“Barcode tidak sesuai antara tanggal penerbitan, dan alamatnya tidak sesuai dengan penandatangan. Kalau 2022, itu barcodenya 2024,” ungkapnya.

Sebelumnya, SMAN 1 Pati dapat sorotan tajam karena ada dugaan kecurangan dalam PPDB. Dugaan ini dibongkar salah satu orang tua calon siswa, Riayatul Husna, yang mendapati ada pemalsuan KK. Akibatnya, anaknya yang sebelumnya mendaftar di SMAN 1 Pati akhirnya tergeser dan harus mendaftar di sekolah lain.

Baca juga: Ortu Calon Siswa Beberkan Dugaan Praktik Pemalsuan KK untuk Masuk SMAN 1 Pati

Tak berhenti di situ, ortu siswa melalui Penerima Kuasa, Nimerodi Gulo, juga meminta pihak sekolah dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Jawa Tengah untuk transparan dalam dugaan kasus ini.

Bahkan, dalam sepekan ke depan jika tak ada iktikad baik dari SMAN 1 Pati dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Jawa Tengah, pihaknya akan melaporkannya pada Polda Jateng.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER