31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Hotel di IKN Ternyata Serap Puluhan Tenaga Kerja Asal Pati

BETANEWS.ID, PATI – Keberadaan hotel-hotel yang berada di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), ternyata juga tidak hanya berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja di area sekitar saja, tetapi juga ke daerah lain. Salah satunya adalah Kabupaten Pati.

Setidaknya, ada puluhan tenaga kerja asal Kabupaten Pati yang bersiap untuk bekerja di hotel yang berada di kawasan IKN tersebut.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Pati, Bambang Agus Yunianto, mengatakan, ada sebanyak 60 orang asal Pati yang direkrut bekerja di IKN.

-Advertisement-

Baca juga: Tuntut Dibuatkan Pangkalan, Sopir Truk di Pati Demo

“Namun mereka saat ini masih dilatih terlebih dahulu di Yogyakarta sebelum ditempatkan di hotel yang ada di IKN,” ujar Bambang di kantornya, Senin (8/7/2024).

Menurutnya, untuk pelatihan kerja di Yogyakarta, katanya dilakukan selama empat bulan. Setelah itu, nantinya baru penempatan di hotel yang ada di IKN. Katanya, puluhan orang yang berasal dari Pati itu sudah mulai dilatih di Yogyakarta sejak Juni lalu.

Ia menyebut, 60 orang yang akan bekerja di hotel IKN itu, merupakan lulusan SMK yang ada di Kabupaten Pati, di antaranya SMK Tunas Harapan Pati dan SMK Bani Muslim.

Baca juga: Kesulitan Cari Tenaga Kerja di Kudus, PT Djarum Ekspansi ke Solo Raya

“Mereka lulusan SMK dari Tunas harapan ada 10 orang, Bani Muslim 10 orang dan lainnya campuran,” ungkapnya.

Di sisi lain, Bambang menyebut, bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Pati pada 2024 ini menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER