31 C
Kudus
Sabtu, Juli 20, 2024

Tuntut Dibuatkan Pangkalan, Sopir Truk di Pati Demo

BETANEWS.ID, PATI – Seratusan orang yang tergabung dalam Paguyuban Sopir Pati (PSP) menggelar unjuk rasa di depan Kantor Bupati Pati pada Senin (1/7/2024). Menggunakan dua truk besar, mereka memarkirkan kendaraan tersebut di depan kantor Bupati Pati.

Mereka kemudian melakukan aksi di jalanan yang berada di kawasan Alun-alun Simpang Lima Pati tersebut. Mereka menuntut agar pemerintah segera membuatkan pangkalan truk.

Baca Juga: Lagi-lagi di Pati, Seorang Wanita Tewas di Kamar Kos, Ada Luka Tusuk di Leher

-Advertisement-

Sebab, ada ratusan sopir di Kabupaten Pati yang membutuhkan tempat untuk menaruh kendaraannya. Karena sekarang, para sopir tidak memiliki pangkalan untuk memarkirkan kendaraannya.

“Kami ke sini menagih janji. Kami ke sini cuma meminta agar dibuatkan pangkalan truk,” ujar anggota Paguyuban Sopir Pati (PSP), Muhammad Syahidul Anam.

Ia menyebut, dengan tidak adanya pangkalan truk, menurutnya, para sopir terpaksa memarkirkan truknya di pinggir jalan.

Katanya, sebelumnya, sopir truk di Kabupaten Pati memarkirkan truknya di pangkalan truk sementara yang terletak di Kecamatan Margorejo.Menurutnya, sudah hampir dua tahun ini para sopir memarkirkan kendaraannya di pangkalan sementara tersebut. Namun, lahan bekas garasi Bus Budi Jaya itu, kini telah dijual oleh pemiliknya.

”Mulai 7 Juni 2024 pangkalan sementara sudah tidak bisa dipakai. Menurut yang punya karena sudah dijual. Pemilik yang baru minta lahan dikosongkan,” ungkapnya.

Dengan kondisi tersebut, membuat para sopir truk kebingungan mencari tempat parkir yang aman. Sebab, mereka khawatir kehilangan barang ketika parkir di sembarang tempat.

”Oleh karena tidak pangkalan, teman-teman sopir parkir sembarangan lagi. Ada yang di pinggir jalan dan SPBU. Risikonya bisa berantem dengan masyarakat, aki kendaraannya bisa hilang dan spionnya diambil orang,” ucapnya.

Ia pun mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati  membangun pangkalan truk secara permanen di Bumi Mina Tani ini. Apalagi hal tersebut pernah dijanjikan untuk direalisasikan.

Baca Juga: Bendung Karet Dinilai Tak Bisa Atasi Banjir, Tapi Bisa Halau Air Payau ke Lahan Pertanian

”Saat audiensi di DPRD pada bulan April 2022 lalu, dewan menjanjikan untuk menganggarkan pembangunan pangkalan permanen pada tahun 2023,” pungkasnya.

Komunitas sopir yang bernaung di dalam Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) itu berharap tuntutan mereka bisa dipenuhi.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER