31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Cerita Imam Rintis Usaha Susu Kambing Etawa dari Modal 2 Kini Jadi 40 Ekor

BETANEWS.ID, KUDUS – Rezeki memang sudah ada yang mengatur. Siapa yang menyangka berawal dari iseng, pasangan suami istri Imam Sugiarto (46) dan Etty Ernawati kini punya usaha susu kambing etawa bermerek MIAA. Imam merintis usaha tersebut pada 2005 dengan modal dua kambing.

“Masih ingat betul berawal sekitar 19 tahun yang lalu saya dan istri beli cempe (anak kambing) di daerah Desa Piji. Niat awal hanya ingin pelihara kambing saja nggak ada niatan untuk jual susu kambing,” terang Imam, Jumat (24/05/2024).

Warga Dukuh Krasak RT 3 RW 1, Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus itu menjelaskan, pada saat itu ia membawa uang sekitar Rp1 juta untuk beli dua ekor anak kambing.

-Advertisement-

Baca juga: Nikmatnya Susu Kambing Etawa MIAA yang Ramai Pesanan saat Bulan Sura

Lama kelamaan, Imam merasa pendapatan dari pekerjaannya sebagai karyawan pabrik kurang memberikan keuntungan, sehingga, dirinya mencoba untuk mulai merintis usaha jual beli susu kambing murni.

“Dengan berbekal ilmu yang saya dapat dari orang tua dulu, soalnya dulu orang tua juga pernah jual susu kambing etawa. Dan saya juga pernah minum susu etawa, jadi dari sana muncul ide buat jualan susu kambing etawa,” jelasnya.

Dirinya menuturkan, awalnya hanya menitipkan susu etawa kepada para pengepul susu di Desa Soco hingga daerah Alun-Alun Kudus. Namun, karena pengepul yang sudah mulai kewalahan menjual susu-susunya, pihak pengepul sudah tidak bisa menerima setoran susu kambing dari Imam.

“Bertahun-tahun titip di pengepul susu kan lama-lama terlalu banyak stok di pengepul terus bingung jualnya kemana. Akhirnya coba cari konsumen sendiri dan dijual sendiri nggak titip-titip lagi,” kata Imam.

Tentunya selama merintis usaha tidak selalu berjalan lancar, diakui dirinya pernah mengalami kerugian hingga Rp6 juta, lantaran ditipu oleh penjual kambing. Namun, meskipun begitu hal tersebut tidak membuatnya putus asa dalam mengembangkan usahanya itu.

Baca juga: Nekad Resign Meski Sudah Pegawai Tetap, Afif Kini Mulai Sukses Jual Kue Pancong Lumer

“Suatu ketika pas susah cari kambing yang kualitas susunya bagus di Kudus. Coba cari ke daerah Pati terus dapat tapi ternyata kambingnya nggak sehat. Pas di sana itu susunya keluar tapi pas dibawa pulang nggak keluar. Di situ jadinya kita rugi,” ungkap Ayah empat orang anak itu.

Imam bersyukur, sekarang setelah belasan tahun usaha, ia kini sudah punya 40 ekor kambing. Jadi, murni produksi susu dari kambing peliharaan sendiri.

“Harapannya, sih, usaha yang dibangun dari nol ini bisa terus berkembang dan berjalan,” ujarnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER