31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Nikmatnya Susu Kambing Etawa MIAA yang Ramai Pesanan saat Bulan Sura

BETANEWS.ID, KUDUS – Puluhan ekor kambing tampak berada di dalam kandang samping rumah warga Dukuh Krasak RT 3 RW 1, Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Di sana, tampak seorang pria sedang memberi makan dan minum ternak.

Setelah itu, ia tampak menggelendeng salah satu kambing ke suatu tempat. Dengan menyiapkan beberapa wadah, pria bernama Imam Sugiarto (46) itu lantas memerah susunya.

Di tengah-tengah aktivitasnya, Imam bersedia menjelaskan usaha susu kambing etawa dengan merek MIAA yang ramai pesanan saat Bulan Muharram atau Sura.

-Advertisement-

Baca juga: Biasa Jadi Sampah dan Berceceran, Daun Bambu Ternyata Bisa Hasilkan Cuan, Kok Bisa?

Alhamdulillah kita produksi susu kambing setiap hari. Biasanya sehari dua kali pemerahan. Namun, pas masuk satu Muharram pasti penjualannya lebih meningkat. Kalau sehari-hari biasanya menghasilkan lebih dari lima liter susu kambing,” ujarnya, Jumat (24/05/2024).

Dirinya menuturkan, kebanyakan para konsumen itu mengonsumsi untuk pengobatan, sehingga Imam tak menyediakan varian rasa. Sejauh ini dirinya hanya memasarkan di daerah Kudus saja karena untuk menjaga kualitas produk.

“Emang nggak buat varian rasa soalnya kebanyakan yang beli itu buat pengobatan. Soalnya kalau dikasih rasa-rasa gitu kan ada pengawetnya sedangkan kita mau kasih yang murni dan original,” paparnya.

Imam juga memasarkan susu kambingnya melalui online, salah satunya yaitu melalui Facebook. Ia mempostingnya di bterbagai grup pedagang di Kudus.

Baca juga: Ampas Kelapa jadi Alternatif Pakan Entok, Lebih Murah dan Lebih Untung

“Dulu lewat Facebook jualannya sekarang malah kebanyakan konsumen tahu dari Google Maps soalnya di sana kan ada nomor WhatsAppnya juga. Kalau lewat Facebook itu kebanyakan cuma nanya doang terus lama kan balasnya. Jadi, sekarang pesannya kebanyakan lewat WA,” ungkapnya.

Mengenai harga, dirinya membanderol mulai Rp40ribu/satu liter susu kambing. Sedangkan untuk eceran 250 mililiter harganya Rp10ribu. Biasanya pembeli akan datang ke lokasi sendiri untuk membeli susu kambing etawa.

“Tapi kadang mereka juga minta diantar ke rumah juga bisa tapi ada ongkos kirimnya paling Rp10ribuan dengan minimal pemesanan lima botol,” ucapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER