31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Abdul Butuh Waktu 7 Tahun untuk Bikin Usahanya Ramai, Kini Sudah Punya 3 Cabang

BETANEWS.ID, KUDUS – Banner bertuliskan Rel Indah Jok terlihat di Jalan Jenderal Sudirman, Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Pagi itu, terlihat seorang laki-laki memakai kemeja batik hijau tengah melayani pelanggan yang datang untuk melakukan servis jok motor. Salah seorang pelanggan terlihat sedang menunggu servis joknya.

Laki-laki itu ialah Abdul (43), yang telah menekuni dunia usaha servis jok sejak 1998. Saat merintis itu, ia masih membuka usaha bersama saudaranya. Kemudian pada 2000an, Abdul mulai memberanikan diri untuk mendirikan usaha servis jok sendiri.

Abdul mengatakan, selama puluhan tahun membuka usaha servis jok, kini dia sudah sukses punya tiga cabang. Awalnya, dulu buka di Selatan Pasar Jember, yang kedua di Tugu Dawe, Pasar Brayung, dan di sini.

-Advertisement-

Baca juga: Pernah Jaya hingga Punya Puluhan Karyawan, Ini Cerita Farid Bangkit dari Keterpurukan

‚ÄúSebelum ke servis jok motor itu dulu malah pernah servis sedel sepeda di Pasar Johar. Terus lama-lama, kan, sedikit, ya, pemakai sepeda dan akhirnya beralih ke sepeda motor,” jelas Abdul, Senin (20/04/2024).

Meski kini sudah punya delapan pekerja, Abdul mengaku dulu sempat mengalami kesulitan selama merintis usaha. Bahkan, dirinya membutuhkan waktu hingga tujuh tahun untuk bisa sampai di titik ramai pelanggan.

Belum lagi soal sukarnya mencari pekerja yang mumpuni dan handal dalam bidang servis jok motor. Baginya, kendala dalam membuka usaha servis jok ada pada mengenali jenis jok setiap motor yang berbeda-beda.

“Kalau sekedar tahu cara pasang itu bisa saja, tapi benar atau nggaknya itu. Karena, kan, setiap motor itu beda-beda bentuk joknya. Jadi, yang sulit itu menghapal jenis dan bentuk jok,” ucapnya.

Baca juga: Kisah Jatuh Bangun Anang Rintis Servis Jok, Sempat Putus Asa hingga Ingin Tutup

“Jadi, kebanyakan sekarang itu buka usaha jok dengan keahlian seadanya. Mungkin orang lihat servis jok itu gampang tapi pas udah dicoba nggak segampang itu. Bahkan ada yang tiga tahun tapi masih gitu-gitu aja,” kata Abdul.

Abdul melanjutkan, yang membedakan tempat servisnyadengan yang lain itu ada pada hasil dan kualitas yang jok yang dihasilkan. Kalau di bengkel servis kita benar-benar ulet pengerjaannya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER