31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Kisah Jatuh Bangun Anang Rintis Servis Jok, Sempat Putus Asa hingga Ingin Tutup

BETANEWS.ID, KUDUS – Berbagai macam bentuk jok tergantung di atap-atap serta dinding-dinding tempat Servis Jok Bintang Variasi yang berlokasi di Jalan Kudus-Pati, Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Tumpukan busa jok juga tampak di dalam tempat servis berukuran tidak begitu besar itu.

Tempat kerja sehari-hari Anang (39) itu memang terlihat cukup berantakan. Namun, baginya, itu laksana ‘surganya’ karena jadi sarana mencari rezeki untuk keluarganya.

“Mulai buka usaha servis jok sekitar 10 tahunan. Sebelumnya memang bekerja di pabrik pembuatan jok di Jakarta. Kemudian, karena menikah jadinya pulang kampung dan kepikiran bikin usaha servis jok aja,” jelasnya, Selasa (30/04/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Bikin Jok Makin Keren di Bintang Variasi Mejobo, Modalnya Cuma Mulai Rp40 Ribu

Anang mengatakan, selama merintis usaha servis jok, dirinya mengalami pasang surut, karena tak memiliki teman atau kenalan yang bisa membantu promosi. Bahkan, dirinya sempat ingin berhenti membuka usaha servis jok lantaran tak ada warga yang berminat.

“Awal buka tempat servis jok benar-benar nggak ada yang datang. Kemudian, beberapa hari ada satu hingga dua orang saja yang servis, setelah itu sepi lagi. Karena memang nggak ada kenalan. Menurutku, bangun usaha kalau nggak ada relasi atau teman gitu susah sekali, benar-benar mulai dari nol,” ujarnya.

Anang juga sempat ingin ganti usaha tapi istri dan keluarga tidak memperbolehkan. Menurut mereka, kalau gonta-ganti usaha malah merintis terus nggak berkembang jadinya.

Hingga suatu saat, Anang berusaha memutar otak untuk menarik pelanggan datang. Salah satu trik yang ternyata cukup ampuh adalah menggunakan adik iparnya yang saat itu masih duduk di bangku SMK.

Baca juga: Kisah Agus, Pekerja Serabutan yang Kini Naik Kelas dari Jualan Sostel Mini

“Trik yang tak pakai itu dengan ngundang teman-teman adik ipar saya. Terus tak suruh ke bengkel nggak servis tidak apa-apa yang penting terlihat ramai saja. Lama-lama ternyata ada orang yang penasaran dan servis jok di tempat saya,” ungkap laki-laki Asli Jawa Timur itu.

Dari sana, usaha servis jok milik Anang mulai dikenal dan didatangi banyak pelanggan. Sehingga, menurutnya kunci kesuksesan terdapat pada kesabaran dan dukungan pasangan.

“Awalnya satu dua orang dan alhamdulillah sampai sekarang mulai dikenal orang memang dari mulut ke mulut. Kuncinya sabar dan pasangan yang suportif,” tambahnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER