31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Tips Agar Daging Kurban Aman dari Cacing Pita

BETANEWS.ID, JEPARA – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Jepara melakukan pengawasan pemotongan hewan kurban. Hasilnya, beberapa bagian hewan kurban ditemukan adanya masalah.

Mundhofir, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Peternakan, DKPP Kabupaten Jepara mengatakan terdapat dua ekor sapi di dua titik berbeda yang hatinya ditemukan mengandung cacing pita. Yaitu masjid di Kelurahan Bapangan dan Kelurahan Demaan.

Baca Juga: Pemkab Jepara Siapkan Tiga RPH, Ini Lokasinya

-Advertisement-

Ia menjelaskan cacing tersebut bentuknya samar karena memiliki warna yang sama dengan hati sapi.

Selain cacing pita, petugas juga menemukan beberapa paru-paru sapi yang mengalami pneumonia atau peradangan pada parenkim paru yang mengakibatkan gangguan pernapasan.

Penyakit tersebut biasanya disebabkan karena hewan menghirup zat amoniak dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang lama.

Terkait dengan temuan cacing pita, ia kemudian langsung meminta kepada panitia kurban untuk membuang atau membersihkan bagian hati hewan. Ia juga mengimbau agar masyarakat yang mendapatkan bagian hati untuk tidak memasaknya dengan cara disate.

Meskipun demikian, ia memastikan bahwa daging hewan yang hatinya ditemukan cacing pita masih layak untuk dikonsumsi. Hanya saja, cara memasaknya harus lebih ekstra dibanding hewan yang sehat.

“Yang ada cacing hati harus kita pisahkan dan musnahkan. Tapi untuk yang masih bisa dikonsumsi dan tidak terkena cacing hati itu masaknya harus 100 persen, harus benar-benar matang (minimal 30 menit setelah air mendidih). Kita imbau jangan disate,” katanya pada Selasa, (18/6/2024).

Sedangkan untuk daging hewan yang paru-parunya terjangkit pneumonia, juga harus diperlakukan dengan cara sama. Yaitu harus dimasak seratus persen matang.

Selain temuan penyakit, ia menambahkan petugas pengawasan pemotongan hewan kurban juga menemukan ada sejumlah hewan yang tidak cukup umur untuk dikurbankan. Beberapa hewan terdeteksi belum berumur dua tahun ata giginya belum patah.

Baca Juga: Disdukcapil Kebut Perekaman KTP 12 Ribu Warga Jepara Jelang Pilkada 

“Kami akan terus memantau sampai besok. Seluruh petugas kami siagakan di seluruh kecamatan,” katanya.

Untuk mengawasi pelaksanaan pemotongan hewan kurban, dari DKPP Jepara menerjunkan 48 petugas yang tersebar di 16 kecamatan yang ada di Jepara. Mulai sejak kemarin, Senin (17/6/2024) sampai dengan Rabu (19/6/2025).

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER