31 C
Kudus
Sabtu, Juli 13, 2024

Pemkab Jepara Siapkan Tiga RPH, Ini Lokasinya

BETANEWS.ID, JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menyiapkan tiga Rumah Potong Hewan (RPH) gratis yang berlokasi di tempat yaitu Kecamatan Margoyoso, Jepara, dan Bangsri.

Mundhofir, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara menjelaskan RPH tersebut akan dibuka selama tiga hari. Mulai Senin-Rabu (17-19/6/2024).

Baca Juga: Siswa SMA Jepara Kompak Cegah Anemia dan Stunting

-Advertisement-

“Silahkan kepada masyarakat yang berkeinginan untuk memanfaatkan RPH tersebut bisa mendaftar ke panitia. Bisa menyampaikan identitas serta jenis hewan kurbannya, kemudian nanti akan diatur waktu penyembelihan nya oleh petugas panitia,” katanya pada Sabtu (15/6/2024) saat dihubungi melalui telepon.

Masyarakat dipersilahkan untuk memilih fasilitas RPH yang disediakan oleh Pemkab. Yaitu penyembelihan dan pemotongan hewan kurban.

“Kadang orang yang berkurban kan memilih penyembelih tersendiri, jadi dipersilahkan kepada masyarakat memilih alternatif yang mana, yang penting koordinasi sama petugas,” terangnya.

Dalam sehari, kapasitas RPH yang disediakan oleh Pemkab mampu melayani penyembelihan hewan kurban sekitar 10-15 hewan. Terdapat tim yang terdiri dari dokter hewan serta paramedis yang standby di tiga lokasi RPH.

Hingga per hari ini, Ia menyebut baru ada 12 sapi dan kerbau yang didaftarkan di RPH Margoyoso. Kemudian, 14 sapi dan kerbau di RPH Jepara. Dan untuk di RPH Bangsri, belum terdapat hewan kurban yang didaftarkan oleh masyarakat.

“Sampai hari ini kapasitas di masing-masing RPH masih tersedia, sehingga bagi masyarakat silahkan jika ingin memotong kan hewan kurbannya di fasilitas yang disediakan,” katanya.

Baca Juga: Belum Capai Target, Pemkab Jepara Wajibkan Seluruh ASN Aktivasi IKD

Sementara, sebagai persiapan pada saat Idul Adha, dari DKPP selain menyiapkan petugas yang standby di RPH, juga menyediakan petugas lapangan yang mobile atau berkeliling di setiap kecamatan. Per kecamatan disediakan dua petugas.

“Dan ada juga petugas yang kita siapkan untuk memeriksa hewan kurban di kabupaten, nanti akan berkeliling ke masjid atau musholla yang sekiranya pemotongan hewan kurbannya cukup besar,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER