31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Siswa SMA Jepara Kompak Cegah Anemia dan Stunting

BETANEWS.ID, JEPARA – Ratusan siswa SMA Negeri 1 Tahunan antusias mengikuti kegiatan pencegahan anemia serta stunting yang diadakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara.

Mudrikatun, Kepala Dinkes Jepara menjelaskan ratusan siswa SMA tersebut diajak untuk serentak mengonsumsi tablet tambah darah yang bertujuan untuk memastikan pelajar mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Baca Juga: Pemulihan Lahan Bekas Tambak Udang Karimunjawa Tunggu Proses Persidangan

-Advertisement-

“Pemberian tablet tambah darah ini penting untuk mencegah anemia dan stunting yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa,” katanya pada Jum’at (14/6/2024).

Berdasar Data dari Dinkes Jepara, progres percepatan penurunan stunting pada pekan pertama di Bulan Juni ini tinggal 5,3 persen. Angka ini terus menunjukkan perbaikan, di mana April lalu masih 5,39 persen, dan Mei turun menjadi 5,32 persen.

“Insyallah sampai bulan Agustus nanti, harapannya progres angka penurunan stunting di Jepara bisa turun tinggal 5 persen,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut tidak hanya dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tahunan. Namun, juga akan berlanjut ke sekolah-sekolah lain di Jepara. Waktunya direncanakan setiap satu Minggu sekali.

“Kegiatan ini tidak hanya kita lakukan di satu tempat, tapi juga meyasar sekolah SMA lainnya, 19 Juni ini kami ganti di SMA Negeri 1 Jepara,” katanya.

Program tersebut merupakan salah satu upaya konkret pemerintah untuk menurunkan angka stunting, melalui langkah pencegahan sebelum mereka menjadi seorang ibu.

Selain pembagian tablet juga diadakan penyuluhan yang menggandeng pemateri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, serta DPRD Kabupaten Jepara.

Para siswa maupun siswi SMA Negeri 1 Tahunan, diajak memahami pentingnya perencanaan kehidupan berkeluarga lewat program Nikah Keren. Serta disosialisasikan materi mengenai dampak kenakalan remaja.

Baca Juga: Masih Nekat Beroperasi, Pemilik Tambak Udang di Karimunjawa Bakal Ditindak Tegas

Salma, salah satu siswa SMA 1 Tahunan menyambut positif kegiatan tersebut. Ia merasa terbantu dengan karena program tersebut memberikan pengetahuan tambahan mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan gizi.

“Kita jadi paham kalau tablet tambah darah ini ternyata ada manfaatnya, sebagai persiapan sejak dini sebelum nanti kita menjadi calon ibu,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER