31 C
Kudus
Sabtu, Juli 20, 2024

Belum Capai Target, Pemkab Jepara Wajibkan Seluruh ASN Aktivasi IKD

BETANEWS.ID, JEPARA – Pj Bupati Jepara melalui surat edaran nomor 470/1476 tentang Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) mewajibkan seluruh ASN termasuk PNS dan PPPK serta tenaga harian lepas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara untuk melakukan aktivasi IKD.

Abdul Syukur, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara menjelaskan surat edaran tersebut sebenarnya merupakan tindak lanjut dari arahan presiden yang menargetkan percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional.

Baca Juga: Masih Nekat Beroperasi, Pemilik Tambak Udang di Karimunjawa Bakal Ditindak Tegas

-Advertisement-

Selain itu, pada tahun 2024 Disdukcapil Jepara mentarget aktivasi IKD minimal 30 persen dari total jumlah penduduk. Sedangkan saat ini dari 1,23 juta penduduk di Kabupaten Jepara yang sudah memiliki KTP, baru 47 ribu masyarakat yang sudah melakukan aktivasi IKD.

“Oleh karena itu sebagai motor penggerak masyarakat secara umum, pak bupati mengharapkan PNS, Non PNS di seluruh Kabupaten Jepara wajib menggunakan IKD,” katanya pada Jum’at (14/6/2024) di Kantor Disdukcapil Jepara.

Ke depan ia berharap, edaran tersebut diperluas kepada kepala desa/lurah serta perangkat desa di seluruh Kabupaten Jepara.

Untuk menggenjot capaian IKD, dari Disdukcapil juga melayani layanan Video Call aktivasi IKD. Agar masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor Disdukcapil, bisa tetap melakukan aktivasi.

“Jadi nanti pake dua HP, satu buat aktivasi, satunya buat video call. Untuk memasukkan barcode aktivasi layanan IKD,” jelasnya.

Ia menambahkan, IKD sebenarnya sama dengan identitas kependudukan lainnya. Hanya saja, melalui IKD, masyarakat bisa mengakses seluruh dokumen kependudukan, seperti KK dan KTP.

“Kalau PNS ada kartu pegawai, ada NPWP. Ke depan SIM nanti juga masuk ke situ,” ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Perubahan Ikilm, Seratus Nelayan di Jepara Ikuti Sekolah Cuaca

Selain memuat dokumen kependudukan, melalui IKD masyarakat juga bisa mengajukan permohonan pelayanan, yang totalnya ada lima item. Yaitu permohonan cetak kartu keluarga, perubahan golongan darah, surat keterangan pindah, kelahiran WNI yang belum memiliki NIK, dan kelahiran WNI yang sudah memiliki NIK.

“Hanya saja karena itu berhubungan dengan mesin syaratnya harus sesuai, kalau tidak maka nanti ditolak. Kalau syaratnya dipenuhi, kemudian diproses, nanti sudah jadi, dikirim dalam bentuk PDF lewat HP,” terangnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER