31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Disdukcapil Kebut Perekaman KTP 12 Ribu Warga Jepara Jelang Pilkada 

BETANEWS.ID, JEPARA – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), terdapat 12,2 ribu warga Jepara yang belum melakukan perekaman E-KTP. 

Abdul Syukur, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara merinci, jumlah wajib KTP hingga tahun 2024 sebesar 951,061 orang. Sedangkan progres perekaman KTP hingga Bulan Juni sebesar 938,861 orang.

Baca Juga: Siswa SMA Jepara Kompak Cegah Anemia dan Stunting

-Advertisement-

“Data tersebut tersebar di 16 kecamatan yang ada di Jepara,” katanya pada Jum’at (14/6/2024) di Kantor Disdukcapil Jepara. 

Dari jumlah tersebut, berdasarkan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) dari KPU RI, jumlah pemilih pemula di Kabupaten Jepara sebanyak 30,888 orang. Namun sampai saat ini baru 19,682 pemilih pemula yang sudah melakukan perekaman E-KTP.

“Sehingga untuk persiapan pemilu kita masih ada sekitar 11 ribu pemilih pemula yang akan kita kejar untuk melakukan perekaman E-KTP,” jelasnya.

Beberapa upaya sudah dilakukan oleh pihak Disdukcapil. Seperti melakukan jemput bola perekaman E-KTP ke setiap SMA yang ada di Jepara. Namun, upaya tersebut dinilai tidak efektif sehingga kurang maksimal untuk mengejar target.

“Jemput bola sudah sering kita lakukan tapi ngga efektif. Karena anak sekarang beda ya sama jaman dulu, agak susah,” ujarnya.

Sehingga untuk mengejar target perekaman, dari Disdukcapil kemudian melakukan langkah dengan memberikan undangan yang sudah disertai by name dan by addres ke setiap sekolah.

Baca Juga: Belum Capai Target, Pemkab Jepara Wajibkan Seluruh ASN Aktivasi IKD

Surat undangan tersebut harapannya sekaligus bisa menjadi surat ijin dari siswa bersangkutan untuk melakukan perekaman e-KTP di kantor kecamatan.

“Kita berikan undangan, by name by addres ke sekolah-sekolah, jadi nanti siswa bisa langsung datang ke kecamatan,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER