31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Syarat dan Alur Pendaftaran PPDB SMP Offline dan Online di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus akan membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP pada 24 Juni 2024 untuk offline dan 27 Juni 2024 untuk online. Apa saja persyaratan PPDB daring dan luring tingkat SMP di Kudus yang akan diberlakukan? Simak selengkapnya di sini.

Melalui surat keputusan (SK) Kepala Disdikpora Kudus, Nomor 400.3.1/89/2024 tertanggal 22 Mei 2024, ada beberapa petunjuk teknis (juknis) mengenai persyaratan PPDB online maupun offline tingkat SMP.

Mekanisme pendaftaran luring mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 1 Tahun 2021 dan Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nomor 47/M/2023.

-Advertisement-

Baca juga: Siap-Siap! PPDB SMP di Kudus Akan Dimulai 24 Juni

Sementara untuk mekanisme pendaftaran daring menggunakan empat jalur, yaitu zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi. Empat jalur tersebut punya persyaratan berbeda.

Pendaftaran daring dikirimkan melalui aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru di situs, https://kudus.siap-ppdb.com/. Persyaratan calon peserta didik yang mendaftar jalur zonasi cukup meng-upload surat keterangan lulus, kartu keluarga, dan akta kelahiran. Untuk jalur prestasi, calon peserta didik juga meng-upload surat keterangan lulus, kartu keluarga, akta kelahiran, dan sertifikat atau piagam penghargaan paling tinggi.

Lalu jalur afirmasi, juga melakukan hal sama dengan jalur zonasi, tapi menambah berkas bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah, antara lain Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Kartu Indonesia Pintar (KIP). Kemudian ada juga surat keterangan atau rekomendasi hasil assesmen dari psikolog bagi penyandang disabilitas.

Selain itu, untuk jalur afirmasi juga menyertakan surat pernyataan orang tua calon peserta didik yang menyatakan bersedia diproses secara hukum, apabila terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu maupun memalsukan surat keterangan atau rekomendasi hasil assesmen dari psikolog bagi penyandang disabilitas.

Sedangkan untuk jalur perpindahan orang tua, juga upload surat keterangan lulus, akta kelahiran, Kartu Keluarga, dan surat keterangan domisili dan surat tugas atau perpindahan tugas orang tua, baik dari instansi, lembaga, maupun perusahaan yang mempekerjakan.

Baca juga: Ulin Batik PKL Jadi Jujugan Order Seragam Batik Sekolah di Kudus

Selanjutnya, bagi calon peserta didik yang mendaftar di jalur zonasi dan jalur prestasi, dapat memilih paling banyak dua pilihan SMP. Calon peserta didik juga dapat berpindah paling banyak dua SMP dalam masa pendaftaran masih berlangsung.

Sedangkan untuk jalur afirmasi dan jalur perpindahan orang tua, calon peserta didik hanya dapat memilih satu pilihan SMP yang dituju dan dapat berpindah satu SMP lain, saat masa pendaftaran masih berlangsung.

Untuk pengumuman hasil PPDB daring Tahun Ajaran 2024/2025, akan berlangsung pada 28 Juni 2024, paling lambat pukul 11.00 WIB. Kemudian pendaftaran ulang calon peserta didik yang diterima dilaksanakan 1-2 Juli 2024.

Ketentuan bagi calon peserta didik yang telah diterima tetapi tidak mendaftar ulang sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka dianggap mengundurkan diri. Sementara untuk hari pertama masuk sekolah peserta didik baru mulai dilaksanakan Senin (22/7/2024).

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER