31 C
Kudus
Sabtu, Juli 13, 2024

Siap-Siap! PPDB SMP di Kudus Akan Dimulai 24 Juni

BETANEWS.ID, KUDUS – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kudus akan dimulai pada 24 Juni 2024. Sedangkan untuk PPDB SD sudah buka sejak 11 Juni 2024.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, Anggun Nugroho, menyampaikan, PPDB SD dilakukan secara offline dan PPDB SMP pakai dua cara yaitu offline dan online.

Ia menjelaskan, pelaksanaan PPDB SD akan berakhir pada 29 Juni 2024 dan pengumuman peserta didik SD pada 1 Juli 2024. Kemudian untuk PPDB SMP jadwalnya berbeda. Untuk pendaftaran daring mulai 24-27 Juni 2024 dan pengumuman 28 Juni 2024.

-Advertisement-

Baca juga: Jelang PPDB, Pj Gubernur Jateng Dorong Pemerataan Kualitas Sekolah

Kemudian untuk pendaftaran offline dimulai 27 Juni hingga 4 Juli 2024, dan untuk pengumuman pendaftaran offline pada 5 Juli 2024. Pihaknya masih memberlakukan empat jalur, yaitu zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi.

“Untuk jalur zonasi, calon peserta didik yang berdomisili pada jarak terdekat dalam zona sekolah paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah. Namun, hal itu juga tergantung minat calon peserta didik. Misalnya jarak 1 kilometer dari sekolah, masih belum memenuhi kuota jalur zonasi, maka akan tambah melebar,” ungkapnya.

Untuk jalur afirmasi, kuota paling sedikit adalah 15 persen dari daya tampung sekolah. Jalur afirmasi untuk calon peserta didik yang tidak mampu dan penyandang disabilitas. Jalur afirmasi bisa ditempuh calon peserta didik di dalam maupun di luar zonasi.

Baca juga: Telan Anggaran Rp22,6 M, Perbaikan Ratusan Sekolah Rusak di Kudus Molor

Selanjutnya, jalur perpindahan orang tua, kuota paling banyak adalah 5 persen dari daya tampung sekolah. Calon peserta didik yang mendaftar jalur ini, harus dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, maupun perusahaan yang mempekerjakan.

“Terakhir untuk jalur prestasi, kuota paling banyak adalah 30 persen dari daya tampung sekolah. Jalur prestasi menggunakan seleksi dalam penerimaan siswa. Persyaratan jalur prestasi ini ditentukan berdasarkan, nilai rapor lima semester terakhir. Kedua, prestasi di bidang akademik maupun nonakademik pada tingkat internasional, nasional, provinsi, kabupaten, hingga kecamatan.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER