31 C
Kudus
Sabtu, Juli 20, 2024

Sudah Deklarasikan Dukungan Bacabup dan Bacagub, Kades di Pati Pede Tidak Langgar Aturan

BETANEWS.ID, PATI – Ratusan kepala desa (kades) di Kabupaten Pati sempat melakukan deklarasi dukungan kepada Sudewo menjadi Bupati Pati dan Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai Gubernur Jawa Tengah, belum lama ini. Deklarasi ini pun menyedot perhatian publik karena dinilai melanggar aturan.

Deklarasi yang digelar di Hotel New Merdeka pada Kamis (20/6/2024) itu, dipimpin oleh Kades Semampir, Parmono. Setidaknya ada 380 kades yang mengikuti deklarasi tersebut.

Baca Juga: 2 Perampok Juragan Emas di Pucakwangi Diringkus Polisi, 5 Masih Buron

-Advertisement-

Usai menjadi perbincangan publik, Parmono mengklaim bahwa deklarasi dukungan itu tidak melanggar aturan. Sebab, kata dia, saat ini belum masuk tahapan Pemilu.

“Kemarin hanya spontan. Itu juga bukan ranah tahapan Pemilu. Karena belum apa-apa,” ujar Parmono melalui sambungan telepon, Selasa (25/6/2024).

Pria yang juga menjabat Ketua Paguyuban Solidaritas Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten (Pasopati) Kecamatan Pati itu juga berdalih deklarasi tersebut tidak mengatasnamakan kades di Pati. Menurutnya, dukungan tersebut atas nama perorangan.

“Dukung mendukung tidak ada, hanya personel. Ya saya itu orang merah e. Aku wong merah e. Hanya dukungan bupati Pati bukan pasangan calon. Apalagi belum pendaftaran, pasangan calon maupun kampanye. Tidak berani saya (kalau Deklarasi). Sebagai personel saat mengucapkan,” ucapnya.

Baca Juga: Pemerhati Hukum Sebut Deklarasi Kades Dukung Bakal Calon Langgar Undang-undang

Tak hanya itu, Parmono juga berdalih, bahwa deklarasi itu tidak bersifat politis. Namun ia justru beralasan lain, yakni untuk mengalihkan perhatian publik yang tengah menyorot kasus di Sukolilo Pati.

“Tujuannya memang bukan tujuan politis. Tujuannya untuk mengkonter viralnya Kabupaten Pati biar tidak menyandang predikat itu. Untuk mengkonter kasus Sukolilo itu. biar tidak viral. Malu dong daerahnya disebut gitu,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER