31 C
Kudus
Rabu, Juli 17, 2024

Petani di Pati Keluhkan Harga Garam Anjlok, Satu Kilogram Hanya Rp700

BETANEWS.ID, PATI – Petani garam di Kabupaten Pati mengeluhkan rendahnya harga jual garam di tingkat petani yang saat ini menyentuh Rp700 per kilogram.

Ali Muntoha, salah satu petani garam asal Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Pati menyebut, dengan harga yang menyentuh angka Rp700, katanya turun jauh dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Jemaah Haji Asal Pati yang Meninggal di Makkah Bertambah jadi Tiga Orang

-Advertisement-

“Tahun kemarin, tertinggi sampai Rp2.500, pertengahan kemarau Rp1.000 dan akhir kemarau turun sampai Rp800 dan sekarang awal musim Rp700,” ujar Ali, Senin (24/6/2024).

Dengan kondisi tersebut, petani garam mengaku mengeluh. Sebab, harga garam diprediksi bisa anjlok lagi ke angka yang lebih rendah.

Hal ini diperparah dengan stok garam milik petani yang tahun lalu masih ada di gudang. Sehingga, dikhawatirkan garam tersebut tak bisa terjual lagi karena rendahnya harga garam.

Belum lagi katanya, biaya produksi yang menurutnya juga tinggi. Di antaranya untuk sewa lahan, upah pekerja hingga upah angkut.

“Perkiraan ini harga bisa turun lagi dan pasti turun lagi. Tentu ini menjadi pukulan bagi petani kalau harga tidak membaik,” ungkapnya.

Ia berharap, pemerintah bisa menstabilkan harga garam. Sehingga petani bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Dengan begitu, perekonomian petani garam juga mengalami peningkatan dan bisa hidup sejahtera serta layak.

Ia menambahkan, tak terkendalinya harga garam yang anjlok tersebut, disebabkan karena tidak ada standarisasi harga yang ditetapkan oleh pemerintah untuk komoditas tersebut.

“Tak terkendalinya harga garam, hingga terjun bebas karena selama ini yang menentukan harga adalah para tengkulak,” ucapnya.

Baca Juga: Bawaslu Pati Akan Panggil Pemandu Deklarasi Kades Dukung Sudewo Jadi Bupati

Untuk itu, selaku petani garam, ia berharap agar pemerintah bisa menetapkan standarisasi harga garam melalui penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Peran pemerintah mengatasi harga garam tentu sangatlah dibutuhkan. Maka kami meminta agar pemerintah menetapkan HET garam, agar harga garam stabil dan petani bisa merasakan manisnya garam,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER