31 C
Kudus
Kamis, Juli 18, 2024

Bawaslu Pati Akan Panggil Pemandu Deklarasi Kades Dukung Sudewo Jadi Bupati

BETANEWS.ID, PATI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati akan memanggil pemandu deklarasi kepala desa yang mendukung Sudewo menjadi Bupati Pati dan Ahmad Luthfi menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Deklarasi dukungan yang dihadiri ratusan kepala desa ini dilakukan di Hotel New Merdeka pada Kamis (20/6/2024) kemarin.

Baca Juga: Pelajar dan Mahasiswa Pati di Luar Kota Kena Bully Akibat Kasus Sukolilo

-Advertisement-

“Kami akan meminta keterangan terhadap yang memandu atau yang terekam dalam gambar-gambar tersebut (video Deklarasi). Baik yang memandu deklarasi atau yang terpampang dalam gambar secara jelas,” ujar Supriyanto, Jumat (21/6/2024).

Dirinya menjelaskan, terkait dengan dugaan apakah ada pelanggaran dalam hal deklarasi yang dilakukan ratusan kepala desa itu, pihaknya akan melakukan kajian mengenai regulasi yang mengatur.

“Terkait dengan undang-undang pemilihan, nanti kita lihat dulu, apakah kemudian ada pasal di Undang-Undang Pemilihan Nomor 1 tahun 2015 dan perubahannya, yang sudah beberapa kali diubah, ” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya tidak mau terburu-buru terkait deklarasi yang dilakukan ratusan kades itu, apakah pelanggaran atau tidak. Pihaknya, terlebih dahulu akan melihat fakta hukumnya.

Atau katanya, kalau memang tidak, ada pula Undang-Undang Desa yang mengikat terkait kewajiban, hal, termasuk larangan kepala desa.

“Tapi nanti ujungnya berbeda. Kalau kemudian ternyata Undang-Undang Desa yang dilanggar, nanti kita rekomendasikan kepada pemerintah daerah tentunya. Nanti kita sampaikan penelusurannya seperti apa, ” kata Supri.

Sebelumnya diberitakan, deklarasi dukungan kepada Sudewo menjadi Bupati Pati setidaknya dihadiri sebanyak 380 kades dari sejumlah wilayah di Pati.

“Semua kepala desa secara spontan langsung mendeklarasikan dukungan kepada Sudewo,” ujar salah satu perwakilan kades, Parmono.

Kades Semampir itu mengklaim, sebagian besar kades di Kabupaten Pati memberikan dukungan kepada Sudewo di Pilkada Pati yang diselenggarakan November 2024 nanti.

“Mayoritas 85 persen kades di Pati mendukung Pak Sudewo,” ucapnya.

Tak hanya sekadar memberikan dukungan, Parmono juga mengatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Sudewo di Pilkada mendatang. Yakni targetnya 80 persen di setiap wilayah seluruh Kabupaten Pati.

“Merujuk tadi yang disampaikan, target setiap kecamatan adalah 80 persen. Ini dukungan dan deklarasi agar Pak Sudewo menjadi Bupati Pati. Bukan lagi calon. Makanya kita berani seperti itu,” ungkapnya.

Baca Juga: Djumadi, Jemaah Haji Asal Plangitan Pati Meninggal di Makkah

Parmono mengaku, alasan para kades di Pati mendukung Sudewo menjadi Bupati Pati karena dia sudah teruji. Salah satu lewat programnya di DPR RI.

“Kenapa kepala desa di Kabupaten Pati cenderung mendukung Pak Sudewo menjadi Bupati, karena pertama program aspirasinya. Setiap desa sudah menikmati semua. Jalan, bedah rumah, jamban,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER