31 C
Kudus
Sabtu, Juli 20, 2024

Persiku Butuh Dana Sekitar Rp15 Miliar untuk Arungi Liga 2, Duit Dari Mana?

BETANEWS.ID, KUDUS – Persiku membutuhkan anggaran sekitar Rp15 miliar untuk mengarungi Liga 2. Dana ini melonjak berkali-kali lipat ketimbang kebutuhan saat Liga 3 yang hanya sekitar Rp1 miliar.

Manajer Persiku, Muhammad Ilham Akbar, mengatakan, dana sebesar itu untuk mengontrak pemain, pelatih, akomodasi, dan keperluan lain. Untuk pasaran kontrak para pemain di Liga 2 juga tentunya lebih mahal dari Liga 3. Apalagi, Tim Macan Muria rencananya akan merekrut 30 pemain.

“Estimasi (anggaran) klub-klub yang berlaga di Liga 2 itu rata-rata untuk satu musim mencapai Rp15 miliar. Namun, itu tergantung dari manajer untuk mengatur keuangan. Kita juga bisa, kok, untuk mode hemat, sesuai target yang ditentukan,” ujar Ilham di Pasar Kliwon Kudus, Selasa (18/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: PT Djarum Enggan Sponsori Persiku di Liga 2, Ini Alasannya

Ilham menjelaskan, manajemen Persiku akan berubah dari klub amatir menjadi profesional berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT) saat menjadi peserta Liga 2. Makanya, pembiayaannya nanti tak lagi boleh menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kudus.

“Oleh karena itu, kami dari pihak manajemen akan memaksimalkan sponsor untuk pendanaan Persiku di Liga 2. Selain itu, pendanaan juga bisa dari saham Persiku,” ungkapnya.

Namun, Ilham menegaskan, terjun di dunia sepak bola dan untuk mencari keuntungan melalui saham Persiku kemungkinan belum ada. Menurutnya, yang akan didapatkan dari pemilik saham, ya, sebuah kebanggaan.

“Maka dari itu saya mohon untuk warga Kudus bantu kami, apabila nanti saham PT Persiku sebagian dijual ke masayarakat, itu semua demi kebaikan Persiku,” jelasnya.

Baca juga: Kisah Perjuangan Persiku: Bentuk Tim Bermodal Rp7 Juta hingga Sukses Promosi Liga 2

Ilham menuturkan, ketika berlaga di Liga 3 Nasional ada beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang jadi sponsor Persiku, di antaranya, Pertamina, Pupuk Indonesia, Mind.id, dan Bank Mandiri.

“Kami berharap nantinya perusahaan-perusahaan BUMN tersebut tetap bersedia jadi sponsor Persiku. Serta perusahaan-perusahaan yang ada di Kudus juga mau mendukung Persiku melalui sponsorship atau melalui corporate social responsibility (CSR)nya,” harap Ilham.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER