31 C
Kudus
Sabtu, Juni 15, 2024

PAD Wisata Capai Rp800 Juta Setahun, Pemdes Rahtawu Gunakan untuk Ini

BETANEWS.ID, KUDUS – Pendapatan Asil Desa (PAD) Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus dari retribusi wisatawan mencapai ratusan juta per tahun. Oleh desa, dana tersebut kemudian digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Rahtawu, Didik Ariyadi, mengatakan, sudah dua tahun terakhir Pemerintah Desa (Pemdes) Rahtawu mengenakan retribusi Rp3 ribu per orang. Dari situ, pihaknya bisa meraup pendapatan kotor hingga Rp800 juta per tahun.

“Dananya kami gunakan untuk berbagai kepentingan masyarakat yang tak bisa dicover Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD),” ujar Didik melalui sambungan telepon, belum lama ini.

-Advertisement-

Baca juga: Fantastis! Pendapatan Desa Rahtawu dari Wisatawan Capai Rp800 Juta Setahun

Didik menggunakan dana tersebut untuk pembangunan jalan, perbaikan rumah tak layak huni (RTLH), honor guru PAUD dan madrasah, warga miskin, dan santunan anak yatim piatu.

Dia mengungkapkan, dalam setahun kurang lebih ada 239 ribu wisatawan yang datang ke Desa Rahtawu. Namun, dari jumlah tersebut, 20 persen di antaranya tak terkena tiket retribusi.

“Sebab, yang 20 persen itu datangnya pagi atau malam hari. Sedangkan portal retribusi kunjungan beroperasi mulai pukul 8:00 WIB sampai 16:00 WIB,” ungkapnya.

Baca juga: Mulai Panen MT 2, Petani di Undaan Kudus Senang Harga Gabah Tinggi

Penyumbang terbesar retribusi kunjungan di Desa Rahtawu, kata Didik, adalah wisawatan yang berburu kuliner dan pendaki gunung. Menurutnya, saat ini lagi hits anak-anak muda yang gemar mendaki gunung.

“Kalau yang ke pertapaan itu ramainya pada Bulan Muharam. Paling banyak pengunjung itu berburu kuliner dan para pendaki,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER