31 C
Kudus
Sabtu, Juni 15, 2024

Ngembal Kulon dan Mlatinorowito Wakili Kudus dalam Lomba Desa Tingkat Jateng

BETANEWS.ID, KUDUS – Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati dan Kelurahan Mlatinorowito, Kecamatan Kudus terpilih maju dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dari lomba ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus berharap perwakilannya bisa menang dan melaju ke tingkat nasional.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie sangat mengapresiasi lolosnya Desa Ngembal Kulon dan Kelurahan Mlatinorowito ke tingkat Jateng. Menurutnya, ada proses panjang sehingga dua desa tersebut lolos ke tingkat provinsi.

“Kami dari pihak Pemkab Kudus menyupport semaksimal mungkin, salah satunya dengan agenda kali ini. Biasanya penilaian langsung ke lokasi desa atau kelurahan. Namun, kali ini kita selenggarakan di Pendapa Kudus, agar pihak desa maupun kelurahan bisa mempresentasikan keunggulannya secara maksimal,” ujar Hasan di Pendapa Kudus, Kamis (6/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Pj Bupati Kudus Hasan Chabibie Blusukan ke Pasar, Fokus Kendalikan Inflasi

“Pasti karena adanya inovasi terkait layanan publik, pembangunan dan lainnya, sehingga dinilai layak untuk bersaing menjadi yang terbaik di Provinsi Jawa Tengah. Di antaranya aplikasi untuk pelayanan publik serta yang paling monumental adalah gerakan gotong royong untuk fasilitas umum, termasuk jalan,” bebernya.

Dia mengatakan, di Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati itu ada 46 ruas jalan baru yang diinisiasi oleh warga. Menurutnya, hal itu sangat luar biasa, sebab betapa sulitnya agar orang itu mau secara sukarela memberikan tanahnya untuk fasilitas umum.

“Itu membuktikan bahwa pemerintah desa setempat mampu berkomunikasi dengan baik pada masyarakatnya. Masyarakat benar-benar bisa melestarikan kearifan lokal, dan ada istiadat maupun budaya Kudus yang dikenal dengan Gusjigang. Filosofi Gusjigang betul-betul meresap ke level desa dan kelurahan,” ungkapnya.

Baca juga: Jalan Gondosari-Menawan Rusak Parah, Sering Akibatkan Kecelakaan hingga Nyawa Melayang

Hasan pun berharap, semoga apa yang sudah dilakukan oleh Desa Ngembal Kulon dan Kelurahan Mlatinorowito juga mendapatkan penilaian yang bagus, sehingga nanti bisa menang.

“Semoga saja Desa Ngembal Kulon dan Kelurahan Mlatinorowito bisa menang dan nantinya mewakili Jawa Tengah di lomba desa dan kelurahan tingkat nasional,” harap Hasan.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER