31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Masa Jabatan Kades jadi 8 Tahun Belum Dikukuhkan, Ada Kaitannya dengan Pilkada?

BETANEWS.ID, KUDUS – Pengukuhan perpanjangan masa jabatan Kepala Desa (Kades) menjadi delapan tahun di Kabupaten Kudus belum juga dilakukan. Padahal, beberapa daerah tetangga sudah melakukannya.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Kabupaten Kudus, Kiswo, menyampaikan, pihaknya sebenarnya sudah melakukan audensi dengan Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie terkait itu. Intinya, Pj bupati sudah setuju dan tinggal menentukan waktunya.

“Pengukuhan perpanjangan masa jabatan kades di Kudus tinggal menunggu waktu saja. Sebab ada beberapa kades yang melaksanakan ibadah haji,” ujar Kiswo melalui sambungan telepon, Jumat (7/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Revitalisasi 7 Pasar Tradisional Gunakan Dana Cukai Akan Dimulai Agustus

Oleh karena itu, lanjut Kiswo, pengukuhan akan perpanjangan masa jabatan akan dilakukan ketika kades-kades tersebut pulang dari ibadah haji. Diperkirakan pengukuhannya sekitar pertengahan Juli 2024.

“Kemarin kita sudah komitmen dan sepakat dengan Pak Pj Bupati Kudus terkait dengan pengukuhan perpanjangan masa jabatan kades,” bebernya.

Disinggung apakah tertundanya pengukuhan masa jabatan Kades ada kaitannya dengan Pilkada, Kiswo membantahnya. Menurutnya, hal itu murni karena ada beberapa Kades di Kudus yang menunaikan ibadah haji.

Saat ini, ungkapnya, Pemkab Kudus justru sudah mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan pengukuhan perpanjangan masa jabatan kades, baik Surat Keputusan (SK) dan yang lainnya.

“Nantinya pengukuhan masa jabatan Kades itu rencananya akan dilaksanakan di Pendapa Kudus,” ungkapnya.

Baca juga: Ditanya Perbaikan Jalan Gondosari-Menawan yang Rusak, Pj Bupati Kudus Jawab Begini

Dengan perpanjangan masa jabatan tersebut, ungkap Kiswo, jabatan Kades yang semula enam tahun akan jadi delapan tahun dan otomatis langsung berlaku pada tahun ini. Apabila masa jabatan enam tahun, seorang Kades bisa memimpin selama tiga periode, tapi dengan masa jabatan delapan tahun kades hanya boleh memimpin selama dua periode saja.

“Namun untuk saat ini, Kades yang sudah menjabat dua periode diberi kesempatan sekali lagi untuk maju di Pemilihan Kades berikutnya. Namun, yang sudah menjabat tiga periode tak bisa maju di Pilkades lagi,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER