31 C
Kudus
Rabu, Juli 17, 2024

Lebih Akurat, Petugas Pantarlih Pilkada Juga Bakal Gunakan E-Coklit

BETANEWS.ID, JEPARA – Tahapan Pencocokan dan Pemilihan (Coklit) data pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan segera dilakukan pada Senin (24/6/2024) mendatang.

Siti Nur Wachidatun, Komisioner KPU Kabupaten Jepara mengatakan pada proses Coklit nantinya, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) selain mencocokkan data pada Daftar A Model Pemilih juga harus mensinkronkan data pada E-Coklit.

Baca Juga: Caleg Terpilih DPRD Jepara Wajib Segera Laporkan LHKPN

-Advertisement-

“Jadi nanti selain secara offline yaitu di lembar daftar pemilih, Pantarlih juga harus mengupload datanya di E-Coklit,” katanya saat ditemui usai acara Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih serta Persiapan Coklit di De’Anglo Food & Coffe Jepara, Jum’at (21/6/2024).

E-Coklit nantinya akan langsung terintegrasi dengan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) KPU RI. Sehingga petugas Pantarlih diminta untuk memastikan betul kebenaran data yang nantinya akan di kirim di E-Coklit.

Saat mengubah data di Daftar A Model Pemilih, Pantarlih harus memberikan keterangan ‘U’ pada data yang diubah. Pada E-Coklit nantinya juga terdapat menu tersebut yang akan digunakan Pantarlih untuk mensinkronkan data pemilih.

“Kenapa itu double (online dan offline) karena yang di Daftar Model Pemilih itu juga menjadi bahan kroscek kita untuk memastikan data hasil coklit,” jelasnya.

Dengan menggunakan E-Coklit juga akan memudahkan KPU Kabupaten untuk memantau proses coklit. Sebab dalam sistem, pemilih yang telah dicoklit daftar menunya akan berubah warna menjadi hijau. Sedangkan yang belum di coklit berwarna merah.

“Sehingga lebih akurat ya kalau pakai E-Coklit karena nanti bisa dilihat juga mana yang sudah dilakukan proses coklit dan yang belum,” katanya.

Baca Juga: Pj Bupati Jepara Jenguk Korban Minibus yang Terguling, Begini Kondisinya

Namun penggunaan sistem E-Coklit juga memiliki kelemahan. Berdasarkan hasil evaluasi proses Coklit menggunakan E-Coklit pada Pemilu kemarin, ketersediaan jaringan menjadi salah satu kendala. Sehingga Pantarlih terkadang tidak bisa langsung mengubah data di tempat itu juga.

“Tapi di E-Coklit itu ada menu simpan, sehingga misalnya nanti tidak bisa langsung di kirim bisa di simpan dulu sebelum nantinya data itu di sinkronkan,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER